• Redaksi
  • Advertise
  • Privacy Policy
  • Aviasi
Mediatrans
Advertisement
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review
No Result
View All Result
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review
No Result
View All Result
Mediatrans
No Result
View All Result
Home Headline

Tanjung Priok: Kilas Balik Sejarah Gerbang Samudra Nusantara

Mulke by Mulke
22/04/2025
in Headline, Review
Tanjung Priok: Kilas Balik Sejarah Gerbang Samudra Nusantara
Share on FacebookShare on Twitter

Jakarta, Mediatrans.Id – Di pesisir Jakarta, di tepi laut yang tak pernah tidur, berdiri kokoh Pelabuhan Tanjung Priok. Ia bukan sekadar pelabuhan, melainkan saksi bisu pergulatan bangsa: dari masa kejayaan kerajaan, kolonialisme, penjajahan, kemerdekaan, hingga era modernisasi dan globalisasi. Di pelabuhan inilah denyut sejarah Indonesia berdetak dengan keras, penuh darah, keringat, dan strategi geopolitik.

Awalnya, dunia mengenalnya sebagai Sunda Kelapa—pelabuhan milik Kerajaan Pajajaran. Tahun 1522, kapal-kapal Portugis berlabuh di sini, membuka babak baru hubungan diplomatik dan dagang. Namun, hubungan itu segera berubah jadi ajang perebutan kekuasaan. Fatahillah, panglima dari Kesultanan Demak, datang menggempur, merebut, lalu menamai pelabuhan ini Jayakarta—kemenangan yang jadi asal muasal kota Jakarta.

Tiga abad kemudian, penjajah Belanda menduduki pelabuhan dan menamainya Batavia. Sunda Kelapa menjadi sempit dan tua, tak lagi mampu mengimbangi derasnya arus perdagangan dunia. Maka, pada 1877, pemerintah kolonial mulai membangun pelabuhan baru: Tanjung Priok.

Namun, di balik rencana besar itu, ada cerita kelam yang nyaris terlupakan: ribuan budak belian dipaksa bekerja siang malam, tanpa perlindungan hukum, banyak yang meregang nyawa. Sebuah harga mahal yang dibayar demi menghadirkan kolam pelabuhan yang kokoh menantang gelombang.

Tanjung Priok terus tumbuh. Seiring dibukanya Terusan Suez, kapal-kapal dari Eropa mulai membanjiri Nusantara. Namun, tak semua berjalan mulus. Tahun 1912, pelabuhan dilanda kongesti hebat: kapal antre, gudang penuh, logistik lumpuh. Pemerintah Belanda pun membangun jalur kereta api dan memperluas alur pelayaran. Sebuah upaya menciptakan sistem transportasi terpadu yang revolusioner pada masanya.

Saat Jepang datang tahun 1942, Priok kembali dihantam badai. Fasilitas dibakar oleh tentara Belanda, kapal ditenggelamkan untuk menutup jalur. Jepang mencoba membangun kembali, tapi kekurangan tenaga. Romusha dan Heiho dikerahkan, pelabuhan kembali menjadi tempat penderitaan manusia.

Pasca-kemerdekaan, Priok tak langsung pulih. Di tahun 1950-an, barang menumpuk, fasilitas tak memadai, dan kapal antre berhari-hari. Pemerintah pun membangun Pelabuhan Nusantara, memperluas kolam, dan mulai menggarap kembali rawa-rawa di sekitarnya.

Namun, kongesti seperti sudah jadi langganan. Tahun 1970-an, penyakit lama kembali menyerang. Barang tak bertuan menumpuk akibat birokrasi rumit dan maraknya pungli.

Untuk mengatasinya, dibentuk Tim Walisongo. Di tengah kekacauan, seorang nama mencuat: JE Habibie—mantan perwira laut yang ditunjuk menjadi Administrator Pelabuhan. Ia membawa misi penertiban lewat “Operasi Bersih” dan “Operasi Lancar”.

Habibie tak hanya menertibkan, ia juga memikirkan masa depan. Lewat kerja sama dengan Pelabuhan Amsterdam, generasi baru profesional pelabuhan Indonesia mulai dicetak. Pelabuhan bukan hanya urusan dermaga, tapi juga manajemen modern.

Puncaknya datang ketika dunia memasuki era containerisasi. Barang tak lagi diangkut satuan, tapi dalam peti kemas yang efisien. Tanjung Priok pun berbenah. Dermaga peti kemas dibangun, terminal modern berdiri, dan arus kapal melonjak drastis. Pelabuhan Tanjung Priok resmi masuk ke era baru.

Kini, Priok tak lagi sekadar tempat bongkar muat. Ia adalah nadi perdagangan, pintu gerbang ekonomi, dan simbol ketahanan logistik nasional. Di balik deru derek dan riuh kapal, ada sejarah panjang yang terus bergema—sejarah yang dimulai dari Sunda Kelapa, melintasi Jayakarta, Batavia, hingga menjadi Tanjung Priok yang modern.

Tags: Sejarah Pelabuhan Tanjung Priok
Previous Post

Pemberdayaan UMKM:  Cara IPC TPK Menggugah Emansipasi Para Kartini Masa Kini

Next Post

Optimisme Industri Pelayaran di Tengah Meningkatnya Tensi Perang Dagang Global

Mulke

Mulke

Next Post
Optimisme Industri Pelayaran di Tengah Meningkatnya Tensi Perang Dagang Global

Optimisme Industri Pelayaran di Tengah Meningkatnya Tensi Perang Dagang Global

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Kabar Gembira, Pendaftaran Beasiswa Pelindo Prestasi Diperpanjang Sampai Tanggal 27 April 2025, Daftar Sekarang!

Kabar Gembira, Pendaftaran Beasiswa Pelindo Prestasi Diperpanjang Sampai Tanggal 27 April 2025, Daftar Sekarang!

16/04/2025

Menyelami Samudera Kehidupan Dr. Chandra Motik

07/06/2023
Kisah Heroik  Nakhoda Kapal Andhika Lines Menyelamatkan Perahu Berisi 40 Orang Pengungsi Vietnam yang Nyaris Tenggelam di Laut Kepulauan Filipina

Kisah Heroik Nakhoda Kapal Andhika Lines Menyelamatkan Perahu Berisi 40 Orang Pengungsi Vietnam yang Nyaris Tenggelam di Laut Kepulauan Filipina

17/04/2025
Cerita Pelabuhan Tersibuk China Berjibaku Melawan Kemacetan

Cerita Pelabuhan Tersibuk China Berjibaku Melawan Kemacetan

19/04/2025
Kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara 4  Berlayar Perdana dari Patimban

Kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara 4 Berlayar Perdana dari Patimban

0
Gelar Pelatihan Digital Marketing UMKM, SPMT Gandeng Rumah Zakat

Gelar Pelatihan Digital Marketing UMKM, SPMT Gandeng Rumah Zakat

0
Layani Pemudik LebaranJTCC Seksi 4 Beroperasi Fungsional 1 April

Layani Pemudik LebaranJTCC Seksi 4 Beroperasi Fungsional 1 April

0
IPC TPK Raih Penghargaan Penggerak Transformasi Digital Pelabuhan

IPC TPK Raih Penghargaan Penggerak Transformasi Digital Pelabuhan

0
APL Logistics Luncurkan Marunda Flow Center, Pusat Distribusi Ramah Lingkungan Pertama di Jakarta

APL Logistics Luncurkan Marunda Flow Center, Pusat Distribusi Ramah Lingkungan Pertama di Jakarta

14/05/2025
Mengantisipasi “Out of Windows” di Terminal Pelabuhan Tanjung Priok

Mengantisipasi “Out of Windows” di Terminal Pelabuhan Tanjung Priok

14/05/2025
Transformasi PT Pos Indonesia: Jadi Raksasa Logistik Nasional, Siap Saingi Swasta dan Dominasi E-Commerce

Transformasi PT Pos Indonesia: Jadi Raksasa Logistik Nasional, Siap Saingi Swasta dan Dominasi E-Commerce

14/05/2025
Peningkatan Pelayanan Pelabuhan, Pelindo Regional 4 Janji Benahi Kinerja Buruh TKBM

Peningkatan Pelayanan Pelabuhan, Pelindo Regional 4 Janji Benahi Kinerja Buruh TKBM

14/05/2025

Recent News

APL Logistics Luncurkan Marunda Flow Center, Pusat Distribusi Ramah Lingkungan Pertama di Jakarta

APL Logistics Luncurkan Marunda Flow Center, Pusat Distribusi Ramah Lingkungan Pertama di Jakarta

14/05/2025
Mengantisipasi “Out of Windows” di Terminal Pelabuhan Tanjung Priok

Mengantisipasi “Out of Windows” di Terminal Pelabuhan Tanjung Priok

14/05/2025
Transformasi PT Pos Indonesia: Jadi Raksasa Logistik Nasional, Siap Saingi Swasta dan Dominasi E-Commerce

Transformasi PT Pos Indonesia: Jadi Raksasa Logistik Nasional, Siap Saingi Swasta dan Dominasi E-Commerce

14/05/2025
Peningkatan Pelayanan Pelabuhan, Pelindo Regional 4 Janji Benahi Kinerja Buruh TKBM

Peningkatan Pelayanan Pelabuhan, Pelindo Regional 4 Janji Benahi Kinerja Buruh TKBM

14/05/2025
Mediatrans

Kami menyajikan berita terkini, akurat dan berimbang seputar transportasi, logistik dan maritim.

Follow Us

Browse by Category

  • Aviasi
  • Headline
  • Korporasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Review
  • Transportasi
  • Uncategorized

Recent News

APL Logistics Luncurkan Marunda Flow Center, Pusat Distribusi Ramah Lingkungan Pertama di Jakarta

APL Logistics Luncurkan Marunda Flow Center, Pusat Distribusi Ramah Lingkungan Pertama di Jakarta

14/05/2025
Mengantisipasi “Out of Windows” di Terminal Pelabuhan Tanjung Priok

Mengantisipasi “Out of Windows” di Terminal Pelabuhan Tanjung Priok

14/05/2025
  • Redaksi
  • Advertise
  • Privacy Policy
  • Aviasi

© 2022 MediaTrans.ID - Transportasi | Logistik | Maritim

No Result
View All Result
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review

© 2022 MediaTrans.ID - Transportasi | Logistik | Maritim

error: Content is protected !!