• Redaksi
  • Advertise
  • Privacy Policy
  • Aviasi
Mediatrans
Advertisement
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review
No Result
View All Result
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review
No Result
View All Result
Mediatrans
No Result
View All Result
Home Headline

Satu Lagi Catatan Tentang Port Stay dan Cargo Stay

Karnali Faisal by Karnali Faisal
30/04/2025
in Headline, Review
PKB Deadlock, FPPI Ancam Lakukan Pemogokan di seluruh Pelabuhan India
Share on FacebookShare on Twitter

Jakarta, Mediatrans.id – Tiga tahun sejak penggabungan (merger) Pelindo, banyak perubahan yang sudah dilakukan pengelola pelabuhan.  Ini sejalan dengan semangat penyatuan empat entitas menjadi satu korporasi bukan semata soal restrukturisasi, melainkan upaya mendorong efisiensi logistik nasional, yang selama ini menjadi “PR” dalam meningkatkan daya saing Indonesia.

Data World Bank 2023 menempatkan Indonesia di peringkat ke-63 dalam Logistics Performance Index, kalah dari negara ASEAN lain seperti Vietnam dan Thailand. Meski biaya logistik nasional telah turun menjadi sekitar 14% dari PDB, angka ini masih jauh dari ideal.

Dalam mata rantai logistik, pelabuhan berperan penting. Dalam satu kesempatan, sumber kami menyebutkan kontribusi pelabuhan terhadap biaya logistik sekitar 1,4%. Relatif kecil sebenarnya jika dibandingkan angka 14% total biaya logistik dari PDB.

Meskipun relatif kecil,  Port Stay (waktu kapal bersandar) dan Cargo Stay (waktu barang menginap di terminal) juga harus tetap dipangkas.

Sebab, semakin cepat bongkar muat dan penyelesaian dokumen, semakin pendek waktu tersebut, dan (harapannya) biaya logistik bisa ditekan.

Pelindo, khususnya di Pelabuhan Tanjung Priok, telah mengambil sejumlah langkah strategis: standarisasi layanan bongkar muat, digitalisasi proses terminal, penerapan sistem STID untuk truk, hingga pengoperasian akses tol Cilincing–Cibitung. Upaya ini bertujuan mempercepat arus barang dan memperlancar konektivitas dari pelabuhan ke kawasan industri.

Bagaimana dengan urusan dokumen?
seperti diketahui bersama, kelancaran arus barang di pelabuhan tidak hanya bergantung pada performansi terminal yang dikelola  Pelindo, tetapi juga pada belasan kementerian/lembaga yang berurusan dengan pengurusan dokumen. Tanpa reformasi birokrasi dan sinkronisasi lintas instansi, efisiensi yang diupayakan di terminal rasanya sulit dijangkau.

Banyak yang sudah dilakukan Pelindo tak hanya di pelabuhan-pelabuhan utama, tapi juga pelabuhan-pelabuhan sedang maupun kecil di seluruh wilayah operasionalnya|. Misalnya saja  keberhasilan Pelindo meningkatkan layanan pelabuhan-pelabuhan di Papua dari enam hari kerja menjadi tujuh hari kerja dalam seminggu, serta memangkas waktu Port Stay di Pelabuhan Pantoloan. Ini menjadi bukti bahwa transformasi bisa tercapai jika ada komitmen semua pihak.

Ke depan, mempercepat Port Stay dan Cargo Stay bukan hanya misi Pelindo, tapi juga agenda nasional. Masa depan logistik Indonesia, dan daya saing ekonominya, sangat bergantung pada kecepatan dan efisiensi layanan pelabuhan. (Berbagai sumber) * (Karnali Faisal)

Tags: Cargo stayPort stayPort stay cargo stay pelabuhan
Previous Post

Perang Dagang AS-China Jadi Peluang Industri Aviasi Dalam Negeri

Next Post

Makassar Didorong Jadi Hub Ekspor Baru, Pemerintah Siapkan Strategi Logistik Nasional

Karnali Faisal

Karnali Faisal

Next Post
Makassar Didorong Jadi Hub Ekspor Baru, Pemerintah Siapkan Strategi Logistik Nasional

Makassar Didorong Jadi Hub Ekspor Baru, Pemerintah Siapkan Strategi Logistik Nasional

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Kabar Gembira, Pendaftaran Beasiswa Pelindo Prestasi Diperpanjang Sampai Tanggal 27 April 2025, Daftar Sekarang!

Kabar Gembira, Pendaftaran Beasiswa Pelindo Prestasi Diperpanjang Sampai Tanggal 27 April 2025, Daftar Sekarang!

16/04/2025

Menyelami Samudera Kehidupan Dr. Chandra Motik

07/06/2023
Kisah Heroik  Nakhoda Kapal Andhika Lines Menyelamatkan Perahu Berisi 40 Orang Pengungsi Vietnam yang Nyaris Tenggelam di Laut Kepulauan Filipina

Kisah Heroik Nakhoda Kapal Andhika Lines Menyelamatkan Perahu Berisi 40 Orang Pengungsi Vietnam yang Nyaris Tenggelam di Laut Kepulauan Filipina

17/04/2025
Cerita Pelabuhan Tersibuk China Berjibaku Melawan Kemacetan

Cerita Pelabuhan Tersibuk China Berjibaku Melawan Kemacetan

19/04/2025
Kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara 4  Berlayar Perdana dari Patimban

Kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara 4 Berlayar Perdana dari Patimban

0
Gelar Pelatihan Digital Marketing UMKM, SPMT Gandeng Rumah Zakat

Gelar Pelatihan Digital Marketing UMKM, SPMT Gandeng Rumah Zakat

0
Layani Pemudik LebaranJTCC Seksi 4 Beroperasi Fungsional 1 April

Layani Pemudik LebaranJTCC Seksi 4 Beroperasi Fungsional 1 April

0
IPC TPK Raih Penghargaan Penggerak Transformasi Digital Pelabuhan

IPC TPK Raih Penghargaan Penggerak Transformasi Digital Pelabuhan

0
Rencana Driver Transportasi Daring Matikan Aplikasi,  Saatnya Pemerintah Meninjau Ulang Kebijakan

Rencana Driver Transportasi Daring Matikan Aplikasi,  Saatnya Pemerintah Meninjau Ulang Kebijakan

20/05/2025
RIP Belum Juga Ditetapkan, Apindo Dorong Revitalisasi Pelabuhan Panjang menjadi Simpul Logistik Nasional

RIP Belum Juga Ditetapkan, Apindo Dorong Revitalisasi Pelabuhan Panjang menjadi Simpul Logistik Nasional

20/05/2025
Implementasikan Sistem Digital PTOS-R, Pelindo Multi Terminal Siapkan Pelabuhan Lembar Jadi Pelabuhan Ro-Ro Modern

Implementasikan Sistem Digital PTOS-R, Pelindo Multi Terminal Siapkan Pelabuhan Lembar Jadi Pelabuhan Ro-Ro Modern

20/05/2025
Kolaborasi dengan KSOP, Pelindo Targetkan Pelabuhan Makassar Jadi Simpul Logistik Indonesia Timur

Kolaborasi dengan KSOP, Pelindo Targetkan Pelabuhan Makassar Jadi Simpul Logistik Indonesia Timur

20/05/2025

Recent News

Rencana Driver Transportasi Daring Matikan Aplikasi,  Saatnya Pemerintah Meninjau Ulang Kebijakan

Rencana Driver Transportasi Daring Matikan Aplikasi,  Saatnya Pemerintah Meninjau Ulang Kebijakan

20/05/2025
RIP Belum Juga Ditetapkan, Apindo Dorong Revitalisasi Pelabuhan Panjang menjadi Simpul Logistik Nasional

RIP Belum Juga Ditetapkan, Apindo Dorong Revitalisasi Pelabuhan Panjang menjadi Simpul Logistik Nasional

20/05/2025
Implementasikan Sistem Digital PTOS-R, Pelindo Multi Terminal Siapkan Pelabuhan Lembar Jadi Pelabuhan Ro-Ro Modern

Implementasikan Sistem Digital PTOS-R, Pelindo Multi Terminal Siapkan Pelabuhan Lembar Jadi Pelabuhan Ro-Ro Modern

20/05/2025
Kolaborasi dengan KSOP, Pelindo Targetkan Pelabuhan Makassar Jadi Simpul Logistik Indonesia Timur

Kolaborasi dengan KSOP, Pelindo Targetkan Pelabuhan Makassar Jadi Simpul Logistik Indonesia Timur

20/05/2025
Mediatrans

Kami menyajikan berita terkini, akurat dan berimbang seputar transportasi, logistik dan maritim.

Follow Us

Browse by Category

  • Aviasi
  • Headline
  • Korporasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Review
  • Transportasi
  • Uncategorized

Recent News

Rencana Driver Transportasi Daring Matikan Aplikasi,  Saatnya Pemerintah Meninjau Ulang Kebijakan

Rencana Driver Transportasi Daring Matikan Aplikasi,  Saatnya Pemerintah Meninjau Ulang Kebijakan

20/05/2025
RIP Belum Juga Ditetapkan, Apindo Dorong Revitalisasi Pelabuhan Panjang menjadi Simpul Logistik Nasional

RIP Belum Juga Ditetapkan, Apindo Dorong Revitalisasi Pelabuhan Panjang menjadi Simpul Logistik Nasional

20/05/2025
  • Redaksi
  • Advertise
  • Privacy Policy
  • Aviasi

© 2022 MediaTrans.ID - Transportasi | Logistik | Maritim

No Result
View All Result
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review

© 2022 MediaTrans.ID - Transportasi | Logistik | Maritim

error: Content is protected !!