• Redaksi
  • Advertise
  • Privacy Policy
  • Aviasi
Mediatrans
Advertisement
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review
No Result
View All Result
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review
No Result
View All Result
Mediatrans
No Result
View All Result
Home Headline

Lawan Gratifikasi, TPS Surabaya Lakukan Audit Ketat Wujudkan Pelabuhan Bersih dan Bisnis Berkelanjutan

Karnali Faisal by Karnali Faisal
06/05/2025
in Headline, Korporasi
Lawan Gratifikasi, TPS Surabaya Lakukan Audit Ketat Wujudkan Pelabuhan Bersih dan Bisnis Berkelanjutan
Share on FacebookShare on Twitter

Surabaya, Mediatrans.Id– PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) kembali membuktikan komitmennya dalam mewujudkan pelabuhan bebas korupsi dan tangguh menghadapi krisis. Perusahaan ini baru saja melaksanakan audit eksternal ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) dan ISO 22301:2019 Sistem Manajemen Keberlangsungan Bisnis (BCMS), sebagai bentuk keseriusan menciptakan sistem kerja yang bersih dan berkelanjutan.

Audit yang dilakukan oleh lembaga internasional British Standards Institution (BSI) berlangsung selama tiga hari di akhir April 2025. Hasilnya: TPS lolos tanpa temuan mayor maupun minor, hanya dengan lima rekomendasi perbaikan. Ini merupakan sinyal kuat bahwa TPS menjadi pelabuhan strategis yang mengedepankan integritas dan kesiapan menghadapi gangguan operasional.

“Audit ini sangat penting, terutama pasca-Lebaran, saat potensi gratifikasi cenderung meningkat. Kami ingin memastikan seluruh aktivitas di TPS tetap taat prinsip anti-suap dan sesuai kebijakan,” ungkap Erika Asih Palupi, Sekretaris Perusahaan TPS, Senin (5/5).

Langkah nyata TPS dalam melawan praktik suap dan pungli tidak hanya berhenti di audit. Perusahaan secara aktif melakukan sosialisasi standar anti-penyuapan, memasang stiker larangan korupsi dan membuka kanal pelaporan pelanggaran. Pendekatan ini tidak hanya menyasar internal, tapi juga menggandeng pengguna jasa dan stakeholder dalam menciptakan transparansi layanan.

Di sisi lain, penerapan sistem manajemen keberlangsungan bisnis juga menjadi prioritas. TPS memantau proyeksi layanan, menjalin komunikasi intensif dengan pengguna jasa, dan menyiapkan sistem respons cepat terhadap potensi gangguan. Ini demi memastikan layanan tetap optimal dalam berbagai situasi.

“Monitoring, evaluasi, dan validasi oleh pihak ketiga kami lakukan secara berkala. Ini bukan formalitas, tapi bagian dari pembenahan sistemik agar TPS tetap adaptif terhadap dinamika bisnis pelabuhan,” tambah Erika.

Dengan keberhasilan audit ini, TPS mempertegas posisinya sebagai pelabuhan peti kemas yang bersih, kredibel, dan siap bersaing secara global.*(MT-02/R)

Tags: Audit eksternal pelabuhanBritish Standards Institution auditISO 22301 Sistem Manajemen Keberlangsungan BisnisISO 37001 Sistem Manajemen Anti PenyuapanManajemen risiko pelabuhanPelabuhan bebas korupsiSistem anti-suap IndonesiaTerminal Petikemas SurabayaTPS SurabayaTransparansi layanan pelabuhan
Previous Post

IPC TPK Pontianak Sambut Rute Baru PSSD: Perkuat Konektivitas Logistik Pontianak–Panjang–Singapura

Next Post

Kontrol Biaya Demurrage, ABUPI Andalkan Aplikasi e-Port yang Bekerja Secara Real Time di Pelabuhan

Karnali Faisal

Karnali Faisal

Next Post
Kontrol Biaya Demurrage, ABUPI Andalkan Aplikasi e-Port yang Bekerja Secara Real Time di Pelabuhan

Kontrol Biaya Demurrage, ABUPI Andalkan Aplikasi e-Port yang Bekerja Secara Real Time di Pelabuhan

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Kabar Gembira, Pendaftaran Beasiswa Pelindo Prestasi Diperpanjang Sampai Tanggal 27 April 2025, Daftar Sekarang!

Kabar Gembira, Pendaftaran Beasiswa Pelindo Prestasi Diperpanjang Sampai Tanggal 27 April 2025, Daftar Sekarang!

16/04/2025

Menyelami Samudera Kehidupan Dr. Chandra Motik

07/06/2023
Kisah Heroik  Nakhoda Kapal Andhika Lines Menyelamatkan Perahu Berisi 40 Orang Pengungsi Vietnam yang Nyaris Tenggelam di Laut Kepulauan Filipina

Kisah Heroik Nakhoda Kapal Andhika Lines Menyelamatkan Perahu Berisi 40 Orang Pengungsi Vietnam yang Nyaris Tenggelam di Laut Kepulauan Filipina

17/04/2025
Cerita Pelabuhan Tersibuk China Berjibaku Melawan Kemacetan

Cerita Pelabuhan Tersibuk China Berjibaku Melawan Kemacetan

19/04/2025
Kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara 4  Berlayar Perdana dari Patimban

Kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara 4 Berlayar Perdana dari Patimban

0
Gelar Pelatihan Digital Marketing UMKM, SPMT Gandeng Rumah Zakat

Gelar Pelatihan Digital Marketing UMKM, SPMT Gandeng Rumah Zakat

0
Layani Pemudik LebaranJTCC Seksi 4 Beroperasi Fungsional 1 April

Layani Pemudik LebaranJTCC Seksi 4 Beroperasi Fungsional 1 April

0
IPC TPK Raih Penghargaan Penggerak Transformasi Digital Pelabuhan

IPC TPK Raih Penghargaan Penggerak Transformasi Digital Pelabuhan

0
Kapten Kartini: Srikandi Laut Kebanggaan Pelni  yang Menaklukkan Ombak dan Stigma

Kapten Kartini: Srikandi Laut Kebanggaan Pelni yang Menaklukkan Ombak dan Stigma

22/05/2025
Arus Petikemas Tumbuh 10 Persen, Prima Multi Terminal Buktikan Keberhasilan Transformasi Sistem Operasional

Arus Petikemas Tumbuh 10 Persen, Prima Multi Terminal Buktikan Keberhasilan Transformasi Sistem Operasional

22/05/2025
ALFI DKI Ingatkan Pemerintah: Kebijakan  Zero ODOL Harus Bersifat Holistik dan Memiliki Payung Hukum yang Jelas

ALFI DKI Ingatkan Pemerintah: Kebijakan Zero ODOL Harus Bersifat Holistik dan Memiliki Payung Hukum yang Jelas

22/05/2025
Pelindo Luncurkan Layanan Customer Care 102, Siap Layani Informasi Kepelabuhanan yang Cepat dan Terpadu

Pelindo Luncurkan Layanan Customer Care 102, Siap Layani Informasi Kepelabuhanan yang Cepat dan Terpadu

22/05/2025

Recent News

Kapten Kartini: Srikandi Laut Kebanggaan Pelni  yang Menaklukkan Ombak dan Stigma

Kapten Kartini: Srikandi Laut Kebanggaan Pelni yang Menaklukkan Ombak dan Stigma

22/05/2025
Arus Petikemas Tumbuh 10 Persen, Prima Multi Terminal Buktikan Keberhasilan Transformasi Sistem Operasional

Arus Petikemas Tumbuh 10 Persen, Prima Multi Terminal Buktikan Keberhasilan Transformasi Sistem Operasional

22/05/2025
ALFI DKI Ingatkan Pemerintah: Kebijakan  Zero ODOL Harus Bersifat Holistik dan Memiliki Payung Hukum yang Jelas

ALFI DKI Ingatkan Pemerintah: Kebijakan Zero ODOL Harus Bersifat Holistik dan Memiliki Payung Hukum yang Jelas

22/05/2025
Pelindo Luncurkan Layanan Customer Care 102, Siap Layani Informasi Kepelabuhanan yang Cepat dan Terpadu

Pelindo Luncurkan Layanan Customer Care 102, Siap Layani Informasi Kepelabuhanan yang Cepat dan Terpadu

22/05/2025
Mediatrans

Kami menyajikan berita terkini, akurat dan berimbang seputar transportasi, logistik dan maritim.

Follow Us

Browse by Category

  • Aviasi
  • Headline
  • Korporasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Review
  • Transportasi
  • Uncategorized

Recent News

Kapten Kartini: Srikandi Laut Kebanggaan Pelni  yang Menaklukkan Ombak dan Stigma

Kapten Kartini: Srikandi Laut Kebanggaan Pelni yang Menaklukkan Ombak dan Stigma

22/05/2025
Arus Petikemas Tumbuh 10 Persen, Prima Multi Terminal Buktikan Keberhasilan Transformasi Sistem Operasional

Arus Petikemas Tumbuh 10 Persen, Prima Multi Terminal Buktikan Keberhasilan Transformasi Sistem Operasional

22/05/2025
  • Redaksi
  • Advertise
  • Privacy Policy
  • Aviasi

© 2022 MediaTrans.ID - Transportasi | Logistik | Maritim

No Result
View All Result
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review

© 2022 MediaTrans.ID - Transportasi | Logistik | Maritim

error: Content is protected !!