• Redaksi
  • Advertise
  • Privacy Policy
  • Aviasi
Mediatrans
Advertisement
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review
No Result
View All Result
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review
No Result
View All Result
Mediatrans
No Result
View All Result
Home Headline

Kontrol Biaya Demurrage, ABUPI Andalkan Aplikasi e-Port yang Bekerja Secara Real Time di Pelabuhan

Karnali Faisal by Karnali Faisal
06/05/2025
in Headline, Logistik
Kontrol Biaya Demurrage, ABUPI Andalkan Aplikasi e-Port yang Bekerja Secara Real Time di Pelabuhan
Share on FacebookShare on Twitter

Jakarta, Mediatrans.id— Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI) mengambil langkah tegas mendorong digitalisasi sektor pelabuhan nasional. Lewat sistem e-port, ABUPI memastikan semua aktivitas pelabuhan, mulai dari gate masuk hingga bongkar muat dan keberangkatan kapal, dapat dipantau secara real time. Transformasi ini digadang-gadang menjadi senjata utama melawan inefisiensi dan praktik biaya siluman di pelabuhan.

“Kami sudah punya aplikasi e-port, yang bisa memantau seluruh aktivitas pelabuhan secara real time. Ini akan menghapus ruang abu-abu dalam proses layanan pelabuhan,” tegas Ketua Umum ABUPI Liana Trisnawati beberapa waktu lalu.

Dengan sistem digital ini, biaya demurrage akibat keterlambatan pengembalian peti kemas bisa dikontrol lebih transparan. ABUPI menyatakan digitalisasi adalah solusi strategis di tengah tekanan logistik global dan penurunan ekspor.

Penggunaan e-port dinilai mampu memangkas biaya operasional, mempercepat layanan, dan meningkatkan daya saing pelabuhan Indonesia secara global.

“Digitalisasi akan mengefisiensikan seluruh biaya. Ini adalah bentuk empati kami terhadap tekanan sektor logistik nasional,” ujar Liana.

Langkah ini juga menjadi strategi nasional untuk menghubungkan pelabuhan-pelabuhan melalui satu sistem terintegrasi berbasis data. ABUPI menyatakan siap bersinergi aktif dengan pemerintah melalui skema pemanfaatan aset, konsesi operasional, hingga digitalisasi sistem pelayanan publik.

“ABUPI sebagai perwakilan swasta siap bekerja sama dengan pemerintah mengelola pelabuhan milik negara agar lebih efisien dan modern,” tambahnya.

Dengan penguatan infrastruktur digital dan sistem informasi, ABUPI optimistis pelabuhan Indonesia bisa bangkit sebagai tulang punggung logistik nasional yang lebih andal, bersih, dan berkelanjutan.*(MT-03)

Tags: biaya demurrage pelabuhandigitalisasi pelabuhan Indonesiaefisiensi operasional pelabuhankerja sama pelabuhan pemerintah swastaPelabuhan bebas korupsipelabuhan real time monitoringsistem e-port ABUPIsistem logistik digitaltransformasi logistik nasional
Previous Post

Lawan Gratifikasi, TPS Surabaya Lakukan Audit Ketat Wujudkan Pelabuhan Bersih dan Bisnis Berkelanjutan

Next Post

Tiongkok Rajai Pelabuhan Tersibuk di Dunia, Ini Daftarnya!

Karnali Faisal

Karnali Faisal

Next Post
Tiongkok Rajai Pelabuhan Tersibuk di Dunia, Ini Daftarnya!

Tiongkok Rajai Pelabuhan Tersibuk di Dunia, Ini Daftarnya!

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Kabar Gembira, Pendaftaran Beasiswa Pelindo Prestasi Diperpanjang Sampai Tanggal 27 April 2025, Daftar Sekarang!

Kabar Gembira, Pendaftaran Beasiswa Pelindo Prestasi Diperpanjang Sampai Tanggal 27 April 2025, Daftar Sekarang!

16/04/2025

Menyelami Samudera Kehidupan Dr. Chandra Motik

07/06/2023
Kisah Heroik  Nakhoda Kapal Andhika Lines Menyelamatkan Perahu Berisi 40 Orang Pengungsi Vietnam yang Nyaris Tenggelam di Laut Kepulauan Filipina

Kisah Heroik Nakhoda Kapal Andhika Lines Menyelamatkan Perahu Berisi 40 Orang Pengungsi Vietnam yang Nyaris Tenggelam di Laut Kepulauan Filipina

17/04/2025
Cerita Pelabuhan Tersibuk China Berjibaku Melawan Kemacetan

Cerita Pelabuhan Tersibuk China Berjibaku Melawan Kemacetan

19/04/2025
Kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara 4  Berlayar Perdana dari Patimban

Kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara 4 Berlayar Perdana dari Patimban

0
Gelar Pelatihan Digital Marketing UMKM, SPMT Gandeng Rumah Zakat

Gelar Pelatihan Digital Marketing UMKM, SPMT Gandeng Rumah Zakat

0
Layani Pemudik LebaranJTCC Seksi 4 Beroperasi Fungsional 1 April

Layani Pemudik LebaranJTCC Seksi 4 Beroperasi Fungsional 1 April

0
IPC TPK Raih Penghargaan Penggerak Transformasi Digital Pelabuhan

IPC TPK Raih Penghargaan Penggerak Transformasi Digital Pelabuhan

0
Kapten Kartini: Srikandi Laut Kebanggaan Pelni  yang Menaklukkan Ombak dan Stigma

Kapten Kartini: Srikandi Laut Kebanggaan Pelni yang Menaklukkan Ombak dan Stigma

22/05/2025
Arus Petikemas Tumbuh 10 Persen, Prima Multi Terminal Buktikan Keberhasilan Transformasi Sistem Operasional

Arus Petikemas Tumbuh 10 Persen, Prima Multi Terminal Buktikan Keberhasilan Transformasi Sistem Operasional

22/05/2025
ALFI DKI Ingatkan Pemerintah: Kebijakan  Zero ODOL Harus Bersifat Holistik dan Memiliki Payung Hukum yang Jelas

ALFI DKI Ingatkan Pemerintah: Kebijakan Zero ODOL Harus Bersifat Holistik dan Memiliki Payung Hukum yang Jelas

22/05/2025
Pelindo Luncurkan Layanan Customer Care 102, Siap Layani Informasi Kepelabuhanan yang Cepat dan Terpadu

Pelindo Luncurkan Layanan Customer Care 102, Siap Layani Informasi Kepelabuhanan yang Cepat dan Terpadu

22/05/2025

Recent News

Kapten Kartini: Srikandi Laut Kebanggaan Pelni  yang Menaklukkan Ombak dan Stigma

Kapten Kartini: Srikandi Laut Kebanggaan Pelni yang Menaklukkan Ombak dan Stigma

22/05/2025
Arus Petikemas Tumbuh 10 Persen, Prima Multi Terminal Buktikan Keberhasilan Transformasi Sistem Operasional

Arus Petikemas Tumbuh 10 Persen, Prima Multi Terminal Buktikan Keberhasilan Transformasi Sistem Operasional

22/05/2025
ALFI DKI Ingatkan Pemerintah: Kebijakan  Zero ODOL Harus Bersifat Holistik dan Memiliki Payung Hukum yang Jelas

ALFI DKI Ingatkan Pemerintah: Kebijakan Zero ODOL Harus Bersifat Holistik dan Memiliki Payung Hukum yang Jelas

22/05/2025
Pelindo Luncurkan Layanan Customer Care 102, Siap Layani Informasi Kepelabuhanan yang Cepat dan Terpadu

Pelindo Luncurkan Layanan Customer Care 102, Siap Layani Informasi Kepelabuhanan yang Cepat dan Terpadu

22/05/2025
Mediatrans

Kami menyajikan berita terkini, akurat dan berimbang seputar transportasi, logistik dan maritim.

Follow Us

Browse by Category

  • Aviasi
  • Headline
  • Korporasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Review
  • Transportasi
  • Uncategorized

Recent News

Kapten Kartini: Srikandi Laut Kebanggaan Pelni  yang Menaklukkan Ombak dan Stigma

Kapten Kartini: Srikandi Laut Kebanggaan Pelni yang Menaklukkan Ombak dan Stigma

22/05/2025
Arus Petikemas Tumbuh 10 Persen, Prima Multi Terminal Buktikan Keberhasilan Transformasi Sistem Operasional

Arus Petikemas Tumbuh 10 Persen, Prima Multi Terminal Buktikan Keberhasilan Transformasi Sistem Operasional

22/05/2025
  • Redaksi
  • Advertise
  • Privacy Policy
  • Aviasi

© 2022 MediaTrans.ID - Transportasi | Logistik | Maritim

No Result
View All Result
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review

© 2022 MediaTrans.ID - Transportasi | Logistik | Maritim

error: Content is protected !!