• Redaksi & Manajemen
  • Advertise
  • Privacy Policy
  • Aviasi
Mediatrans
Advertisement
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review
No Result
View All Result
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review
No Result
View All Result
Mediatrans
No Result
View All Result
Home Headline

Selamat, KSOP Pelabuhan Tanjung Priok Raih Penghargaan Pelayanan Prima Kemenhub

Karnali Faisal by Karnali Faisal
19/05/2025
in Headline, Transportasi
Selamat, KSOP Pelabuhan Tanjung Priok Raih Penghargaan Pelayanan Prima Kemenhub
Share on FacebookShare on Twitter

Jakarta, Mediatrans.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan penghargaan penilaian pelayanan prima kepada 76 Unit Pelayanan Publik (UPP) Sektor Transportasi Tahun 2024, sebagai bentuk apresiasi atas peningkatan kualitas layanan yang sesuai standar kepuasan masyarakat.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Kemenhub atas komitmen dan dedikasi unit-unit pelayanan publik dalam menyediakan layanan terbaik bagi masyarakat,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub Ernita Titis Dewi dalam keterangan, di Jakarta, Minggu.

Dia menyampaikan penilaian tersebut bertujuan untuk mendorong peningkatan kualitas layanan publik.

Ia menuturkan kegiatan penilaian pelayanan prima unit pelayanan publik sektor transportasi bertujuan untuk mendorong, menstimulasi, dan memotivasi semangat serta kreativitas para pengelola sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan publik.

Sebanyak 76 unit pelayanan publik yang menerima penghargaan ini berasal dari sektor transportasi darat, laut, dan udara.

Penilaian dilakukan secara ketat oleh Tim Penilai Independen yang terdiri dari perwakilan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Ombudsman Republik Indonesia, akademisi, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, pengamat transportasi, dan perwakilan jurnalis.

Adapun beberapa unit yang mendapatkan peringkat pertama penghargaan untuk kategori jenis pelayanan jasa transportasi, yaitu Unit Pelayanan Jasa Teminal Angkutan Penumpang (Transportasi Darat) peringkat pertama diraih oleh Teminal Tipe A Leuwi Panjang-BPTD Kelas ll Jawa Barat dengan indeks pelayanan publik 4,50.

Kedua, Unit Pelayanan Jasa Angkutan Penumpang (Transportasi Darat) diraih oleh PT Rosalia Indah Transport (4,29); ketiga Unit Pelayanan Jasa Administrasi, Perizinan dan Non Perizinan (Transportasi Darat) diraih oleh Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (3,59).

Keempat, Unit Pelayanan Jasa Terminal Angkutan Penumpang (Transportasi Laut) diraih oleh Pelabuhan Penyeberangan Merak (4,89); kelima Unit Pelayanan Jasa Angkutan Penumpang (Transportasi Laut) diraih oleh Kapal Motor Dharma Kartika V (4,95).

Keenam, Unit Pelayanan Jasa Administrasi dan Perizinan/Non Perizinan (Transportasi Laut) diraih oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok (4,51); ketujuh Unit Pelayanan Jasa Terminal Angkutan Penumpang (Transportasi Udara) diraih oleh Bandar Udara lnternasional I Gusti Nqurah Rai, Bali (4,80).

Kedelapan Unit Pelayanan Jasa Administrasi dan Perizinan/Non Perizinan (Transportasi Udara) diraih oleh Garuda Indonesia-Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali (4,63).

Titis menambahkan penilaian itu mengacu pada enam aspek utama, yaitu kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana dan prasarana, sistem informasi, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi pelayanan.

“Penghargaan ini bukan hanya bentuk pengakuan, tetapi juga sebagai motivasi bagi setiap unit pelayanan publik untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan mereka,” ujarnya pula.

Proses penilaian itu dilakukan dengan mempertimbangkan standar pelayanan yang tinggi dan penerapan prinsip transparansi serta akuntabilitas.

Kemenhub berharap unit pelayanan publik terus berinovasi memberikan layanan ramah, responsif, dan inklusif, serta berkomitmen mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik di sektor transportasi secara berkelanjutan.

“Kami ingin memastikan seluruh masyarakat dapat menikmati layanan transportasi yang aman, nyaman, dan setara,” kata Titis pula.*(MT-03/A)

Tags: Kemenhub beri penghargaanKSOP Pelabuhan Tanjung Priok Raih Penghargaan Pelayanan Prima Kemenhubpelayanan terbaik sektor transportasipenghargaan pelayanan prima Kemenhubpenghargaan transportasi darat laut udarapenilaian pelayanan publik transportasiunit pelayanan publik transportasi 2024
Previous Post

Wakil Ketua Umum Kadin Carmelita Hartoto: Kebijakan Pemerintahan Prabowo Dorong Perbaikan Ekosistem Logistik Nasional

Next Post

Volume Petikemas Naik 19%, IPC TPK Buktikan Keandalan Efisiensi Terminal

Karnali Faisal

Karnali Faisal

Next Post
Volume Petikemas Naik 19%, IPC TPK Buktikan Keandalan Efisiensi Terminal

Volume Petikemas Naik 19%, IPC TPK Buktikan Keandalan Efisiensi Terminal

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Kabar Gembira, Pendaftaran Beasiswa Pelindo Prestasi Diperpanjang Sampai Tanggal 27 April 2025, Daftar Sekarang!

Kabar Gembira, Pendaftaran Beasiswa Pelindo Prestasi Diperpanjang Sampai Tanggal 27 April 2025, Daftar Sekarang!

16/04/2025

Menyelami Samudera Kehidupan Dr. Chandra Motik

07/06/2023
Mengenal Peran Keagenan Kapal (Shipping Agency) dalam Ekosistem Transportasi Laut

Mengenal Peran Keagenan Kapal (Shipping Agency) dalam Ekosistem Transportasi Laut

29/05/2025
Cerita Pelabuhan Tersibuk China Berjibaku Melawan Kemacetan

Cerita Pelabuhan Tersibuk China Berjibaku Melawan Kemacetan

19/04/2025
Kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara 4  Berlayar Perdana dari Patimban

Kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara 4 Berlayar Perdana dari Patimban

0
Gelar Pelatihan Digital Marketing UMKM, SPMT Gandeng Rumah Zakat

Gelar Pelatihan Digital Marketing UMKM, SPMT Gandeng Rumah Zakat

0
Layani Pemudik LebaranJTCC Seksi 4 Beroperasi Fungsional 1 April

Layani Pemudik LebaranJTCC Seksi 4 Beroperasi Fungsional 1 April

0
IPC TPK Raih Penghargaan Penggerak Transformasi Digital Pelabuhan

IPC TPK Raih Penghargaan Penggerak Transformasi Digital Pelabuhan

0
Terminal Kijing Siap Layani Peti Kemas Mulai Juni 2025, Pelindo Dorong Efisiensi Logistik Kalimantan Barat

Terminal Kijing Siap Layani Peti Kemas Mulai Juni 2025, Pelindo Dorong Efisiensi Logistik Kalimantan Barat

14/06/2025
Kelola Terminal Peti Kemas Belawan, BNCT  Fokus Transformasi Logistik Ekspor-Impor Sumatera Utara

Kelola Terminal Peti Kemas Belawan, BNCT Fokus Transformasi Logistik Ekspor-Impor Sumatera Utara

11/06/2025
Aksi Sosial PT Pelindo Multi Terminal, Salurkan 90 Hewan Qurban Iduladha 2025 di Sekitar Pelabuhan Seluruh Indonesia

Aksi Sosial PT Pelindo Multi Terminal, Salurkan 90 Hewan Qurban Iduladha 2025 di Sekitar Pelabuhan Seluruh Indonesia

11/06/2025
Lima Dekade PT Dumas Tanjung Perak Shipyards: Dari Dua Mahasiswa Menjadi Pilar Galangan Kapal Indonesia

Lima Dekade PT Dumas Tanjung Perak Shipyards: Dari Dua Mahasiswa Menjadi Pilar Galangan Kapal Indonesia

11/06/2025

Recent News

Terminal Kijing Siap Layani Peti Kemas Mulai Juni 2025, Pelindo Dorong Efisiensi Logistik Kalimantan Barat

Terminal Kijing Siap Layani Peti Kemas Mulai Juni 2025, Pelindo Dorong Efisiensi Logistik Kalimantan Barat

14/06/2025
Kelola Terminal Peti Kemas Belawan, BNCT  Fokus Transformasi Logistik Ekspor-Impor Sumatera Utara

Kelola Terminal Peti Kemas Belawan, BNCT Fokus Transformasi Logistik Ekspor-Impor Sumatera Utara

11/06/2025
Aksi Sosial PT Pelindo Multi Terminal, Salurkan 90 Hewan Qurban Iduladha 2025 di Sekitar Pelabuhan Seluruh Indonesia

Aksi Sosial PT Pelindo Multi Terminal, Salurkan 90 Hewan Qurban Iduladha 2025 di Sekitar Pelabuhan Seluruh Indonesia

11/06/2025
Lima Dekade PT Dumas Tanjung Perak Shipyards: Dari Dua Mahasiswa Menjadi Pilar Galangan Kapal Indonesia

Lima Dekade PT Dumas Tanjung Perak Shipyards: Dari Dua Mahasiswa Menjadi Pilar Galangan Kapal Indonesia

11/06/2025
Mediatrans

Kami menyajikan berita terkini, akurat dan berimbang seputar transportasi, logistik dan maritim.

Follow Us

Browse by Category

  • Aviasi
  • Headline
  • Korporasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Review
  • Transportasi
  • Uncategorized

Recent News

Terminal Kijing Siap Layani Peti Kemas Mulai Juni 2025, Pelindo Dorong Efisiensi Logistik Kalimantan Barat

Terminal Kijing Siap Layani Peti Kemas Mulai Juni 2025, Pelindo Dorong Efisiensi Logistik Kalimantan Barat

14/06/2025
Kelola Terminal Peti Kemas Belawan, BNCT  Fokus Transformasi Logistik Ekspor-Impor Sumatera Utara

Kelola Terminal Peti Kemas Belawan, BNCT Fokus Transformasi Logistik Ekspor-Impor Sumatera Utara

11/06/2025
  • Redaksi & Manajemen
  • Advertise
  • Privacy Policy
  • Aviasi

© 2022 MediaTrans.ID - Transportasi | Logistik | Maritim

No Result
View All Result
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review

© 2022 MediaTrans.ID - Transportasi | Logistik | Maritim

error: Content is protected !!