• Redaksi & Manajemen
  • Advertise
  • Privacy Policy
  • Aviasi
Mediatrans
Advertisement
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review
No Result
View All Result
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review
No Result
View All Result
Mediatrans
No Result
View All Result
Home Headline

Mengenal Dunia Stevedoring: Garda Depan Bongkar Muat di Pelabuhan

Mulke by Mulke
21/05/2025
in Headline, Review
Mengenal Dunia Stevedoring: Garda Depan Bongkar Muat di Pelabuhan
Share on FacebookShare on Twitter

Jakarta, Mediatrans.id – Di balik sibuknya aktivitas pelabuhan yang tak pernah berhenti, terdapat denyut pekerjaan yang memiliki peran strategis: stevedoring.

Kegiatan ini bisa disebut sebagai adalah jantung dari proses logistik laut, menjadi penghubung antara kapal, pelabuhan, hingga ke gudang akhir pelanggan.

Di sejumlah pelabuhan, stevedoring dikerjakan perusahaan-perusahaan bongkar muat (stevedoring company). Kegiatan dilakukan tanpa henti selama 24 jam sehari, tujuh hari seminggu.

Stevedoring, secara teknis, adalah proses memuat dan membongkar barang dari dan ke kapal. Namun pekerjaannya tidak berhenti di situ.

Ada dua tahap lanjutan yang menyertainya: cargodoring, yakni pemindahan barang dari sisi dermaga ke tempat penumpukan, serta receiving delivery, proses pengiriman barang ke gudang pelanggan atau sebaliknya.

Tiga tahap inilah yang menjadi tanggung jawab utama perusahaan bongkar muat di pelabuhan.

Secara umum, satu siklus logistik laut bisa diringkas dalam tujuh tahap: mulai dari pengiriman barang dari gudang pelanggan ke pelabuhan, penumpukan sementara, pemuatan ke kapal, pelayaran, pembongkaran di pelabuhan tujuan, hingga barang sampai kembali ke tempat penyimpanan akhir.

Dalam rantai ini, perusahaan stevedoring memegang peran vital di hampir separuh proses.

Namun, kegiatan bongkar muat tidak bisa dilakukan sembarangan. Setiap kali kapal hendak merapat, ada satu tahap penting bernama pre-arrival meeting.

Pada tahap ini perusahaan bongkar muat duduk bersama seluruh pihak—agen kapal, port captain, customer,  membahas durasi sandar, urutan bongkar muat, hingga jumlah tenaga kerja bongkar muat yang dibutuhkan.

Dalam satu kegiatan, alat-alat bongkar muat yang dikerahkan bisa bermacam-macam, mulai dari Container Crane, RTGC, Headtruck atau  alat berat lainnya seperti crane kapal hingga Harbour Mobile Crane. Selain itu, alat bantu seperti sling dan spreader juga wajib tersedia, tergantung jenis dan ukuran barang.

Di pelabuhan, tidak semua barang yang dibongkar berbentuk peti kemas.  Ada pula dalam bentuk general cargo atau break bulk—barang dengan bentuk tidak seragam, dari panjang 18 meter sampai bobot 100 ton.

Keselamatan menjadi aspek yang tak bisa ditawar. Setiap alat harus tersertifikasi dan diperiksa oleh lembaga independen setidaknya setahun sekali. Semua pekerja yang melakukan kegiatan bongkar muat wajib mengenakan APD lengkap. Dari helm, rompi, hingga sepatu pelindung, semua menjadi bagian dari komitmen terhadap keselamatan kerja (QHSE).

Seiring dengan tuntutan digitalisasi, perusahaan-perusahaan bongkar muat juga terus melakukan inovasi. Misalnya saja pemanfaatan teknologi informasi dan dashboard monitoring  agar para pengguna jasa bisa memantau kegiatan bongkar muat secara real time* (Karnali Faisal)

Previous Post

GINSI Apresiasi Kinerja Bea Cukai Tanjung Priok yang Makin Responsif dan Akomodatif

Next Post

BJTI Terminal Petikemas Gencar Walkthrough, Pastikan Bongkar Muat Bebas Kendala!

Mulke

Mulke

Next Post
BJTI Terminal Petikemas Gencar Walkthrough, Pastikan Bongkar Muat Bebas Kendala!

BJTI Terminal Petikemas Gencar Walkthrough, Pastikan Bongkar Muat Bebas Kendala!

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Kabar Gembira, Pendaftaran Beasiswa Pelindo Prestasi Diperpanjang Sampai Tanggal 27 April 2025, Daftar Sekarang!

Kabar Gembira, Pendaftaran Beasiswa Pelindo Prestasi Diperpanjang Sampai Tanggal 27 April 2025, Daftar Sekarang!

16/04/2025

Menyelami Samudera Kehidupan Dr. Chandra Motik

07/06/2023
Mengenal Peran Keagenan Kapal (Shipping Agency) dalam Ekosistem Transportasi Laut

Mengenal Peran Keagenan Kapal (Shipping Agency) dalam Ekosistem Transportasi Laut

29/05/2025
Cerita Pelabuhan Tersibuk China Berjibaku Melawan Kemacetan

Cerita Pelabuhan Tersibuk China Berjibaku Melawan Kemacetan

19/04/2025
Kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara 4  Berlayar Perdana dari Patimban

Kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara 4 Berlayar Perdana dari Patimban

0
Gelar Pelatihan Digital Marketing UMKM, SPMT Gandeng Rumah Zakat

Gelar Pelatihan Digital Marketing UMKM, SPMT Gandeng Rumah Zakat

0
Layani Pemudik LebaranJTCC Seksi 4 Beroperasi Fungsional 1 April

Layani Pemudik LebaranJTCC Seksi 4 Beroperasi Fungsional 1 April

0
IPC TPK Raih Penghargaan Penggerak Transformasi Digital Pelabuhan

IPC TPK Raih Penghargaan Penggerak Transformasi Digital Pelabuhan

0
Terminal Kijing Siap Layani Peti Kemas Mulai Juni 2025, Pelindo Dorong Efisiensi Logistik Kalimantan Barat

Terminal Kijing Siap Layani Peti Kemas Mulai Juni 2025, Pelindo Dorong Efisiensi Logistik Kalimantan Barat

14/06/2025
Kelola Terminal Peti Kemas Belawan, BNCT  Fokus Transformasi Logistik Ekspor-Impor Sumatera Utara

Kelola Terminal Peti Kemas Belawan, BNCT Fokus Transformasi Logistik Ekspor-Impor Sumatera Utara

11/06/2025
Aksi Sosial PT Pelindo Multi Terminal, Salurkan 90 Hewan Qurban Iduladha 2025 di Sekitar Pelabuhan Seluruh Indonesia

Aksi Sosial PT Pelindo Multi Terminal, Salurkan 90 Hewan Qurban Iduladha 2025 di Sekitar Pelabuhan Seluruh Indonesia

11/06/2025
Lima Dekade PT Dumas Tanjung Perak Shipyards: Dari Dua Mahasiswa Menjadi Pilar Galangan Kapal Indonesia

Lima Dekade PT Dumas Tanjung Perak Shipyards: Dari Dua Mahasiswa Menjadi Pilar Galangan Kapal Indonesia

11/06/2025

Recent News

Terminal Kijing Siap Layani Peti Kemas Mulai Juni 2025, Pelindo Dorong Efisiensi Logistik Kalimantan Barat

Terminal Kijing Siap Layani Peti Kemas Mulai Juni 2025, Pelindo Dorong Efisiensi Logistik Kalimantan Barat

14/06/2025
Kelola Terminal Peti Kemas Belawan, BNCT  Fokus Transformasi Logistik Ekspor-Impor Sumatera Utara

Kelola Terminal Peti Kemas Belawan, BNCT Fokus Transformasi Logistik Ekspor-Impor Sumatera Utara

11/06/2025
Aksi Sosial PT Pelindo Multi Terminal, Salurkan 90 Hewan Qurban Iduladha 2025 di Sekitar Pelabuhan Seluruh Indonesia

Aksi Sosial PT Pelindo Multi Terminal, Salurkan 90 Hewan Qurban Iduladha 2025 di Sekitar Pelabuhan Seluruh Indonesia

11/06/2025
Lima Dekade PT Dumas Tanjung Perak Shipyards: Dari Dua Mahasiswa Menjadi Pilar Galangan Kapal Indonesia

Lima Dekade PT Dumas Tanjung Perak Shipyards: Dari Dua Mahasiswa Menjadi Pilar Galangan Kapal Indonesia

11/06/2025
Mediatrans

Kami menyajikan berita terkini, akurat dan berimbang seputar transportasi, logistik dan maritim.

Follow Us

Browse by Category

  • Aviasi
  • Headline
  • Korporasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Review
  • Transportasi
  • Uncategorized

Recent News

Terminal Kijing Siap Layani Peti Kemas Mulai Juni 2025, Pelindo Dorong Efisiensi Logistik Kalimantan Barat

Terminal Kijing Siap Layani Peti Kemas Mulai Juni 2025, Pelindo Dorong Efisiensi Logistik Kalimantan Barat

14/06/2025
Kelola Terminal Peti Kemas Belawan, BNCT  Fokus Transformasi Logistik Ekspor-Impor Sumatera Utara

Kelola Terminal Peti Kemas Belawan, BNCT Fokus Transformasi Logistik Ekspor-Impor Sumatera Utara

11/06/2025
  • Redaksi & Manajemen
  • Advertise
  • Privacy Policy
  • Aviasi

© 2022 MediaTrans.ID - Transportasi | Logistik | Maritim

No Result
View All Result
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review

© 2022 MediaTrans.ID - Transportasi | Logistik | Maritim

error: Content is protected !!