• Redaksi
  • Advertise
  • Privacy Policy
  • Aviasi
Mediatrans
Advertisement
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review
No Result
View All Result
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review
No Result
View All Result
Mediatrans
No Result
View All Result
Home Headline

Pelabuhan Tanjung Perak, Cerita Dari Kalimas ke Gerbang Logistik Timur Indonesia

Mulke by Mulke
24/04/2025
in Headline, Review
Pelabuhan Tanjung Perak, Cerita Dari Kalimas ke Gerbang Logistik Timur Indonesia
Share on FacebookShare on Twitter

Surabaya, Mediatrans.Id – Saat mentari pagi memantulkan cahaya ke permukaan air Selat Madura, kapal-kapal perlahan merapat ke dermaga-dermaga luas Pelabuhan Tanjung Perak. Aktivitas sibuk ini bukanlah sesuatu yang baru. Selama lebih dari satu abad, pelabuhan ini telah menjadi denyut nadi perdagangan Indonesia timur.

Namun, siapa sangka, pelabuhan kebanggaan Surabaya ini lahir dari keterbatasan. Pada abad ke-19, kapal-kapal besar kesulitan menembus sempit dan dangkalnya Kalimas. Arus barang yang meningkat membuat proses bongkar muat lewat tongkang menjadi tak efisien. Saat itulah mimpi tentang pelabuhan baru di utara Surabaya mulai terbentuk.

Gagasan itu sempat tertunda selama puluhan tahun, hingga akhirnya, pada 1910, pembangunan dimulai. Ir. VB van Goor dan timnya membuka jalan bagi hadirnya Pelabuhan Tanjung Perak. Tahun 1925 menjadi tonggak penting: seluruh aktivitas pelabuhan dipindah dari Jembatan Merah ke Tanjung Perak. Dari sinilah babak baru perdagangan maritim Indonesia dimulai.

Tanjung Perak tak hanya bertahan di tengah gejolak sejarah—dari penjajahan Jepang hingga kemerdekaan RI—tetapi juga terus berevolusi. Di era Orde Baru, pelabuhan ini menyandang berbagai status kelembagaan, dari PN Pelabuhan hingga akhirnya tergabung dalam satu entitas PT Pelindo di bawah Regional 3, sebuah perusahaan modern yang dituntut profesional sekaligus menguntungkan.

Kini, wajah Tanjung Perak benar-benar berubah. Terminal Jamrud, yang dahulu sempit dan kerap kewalahan melayani kapal, tengah direvitalisasi menjadi terminal modern dengan fasilitas canggih. Tak hanya untuk bongkar muat barang, tetapi juga dilengkapi “garbarata” untuk penumpang kapal laut—layaknya bandara.

Sementara itu, Terminal Nilam Timur menjelma dari terminal konvensional menjadi multipurpose terminal yang efisien, dilengkapi container crane dan RTG. Terminal Kalimas, yang pernah menjadi pusat bongkar muat setelah era Jembatan Merah, diarahkan menjadi kawasan wisata budaya. Terminal Mirah dan Teluk Lamong menjadi simbol transformasi logistik nasional berbasis teknologi dan efisiensi tinggi.

“Kalau dulu semua fokus ke kapal dan barang, kini kami berpikir lebih luas—soal kenyamanan penumpang, efisiensi logistik, dan dampak ekonomi bagi kawasan,” ujar salah satu pejabat Pelindo yang terlibat dalam pembangunan terminal modern tersebut.

Tanjung Perak bukan lagi sekadar pelabuhan. Ia adalah saksi sejarah, pusat perdagangan, dan kini, wajah baru logistik Indonesia Timur. Di pelabuhan inilah, masa lalu dan masa depan berjumpa, dalam satu gelombang perubahan yang terus bergerak maju. (Karnali Faisal)

Tags: Pelabuhan Tanjung PerakSejarah tanjung perak
Previous Post

Belajar Cinta Bumi dari Atas Bus Listrik: Cerita Anak-anak Belawan di Hari Bumi

Next Post

Digitalisasi Bukan Kunci, Kepemimpinan Harus Tetap Sebagai Penggerak

Mulke

Mulke

Next Post
Digitalisasi Bukan Kunci, Kepemimpinan Harus Tetap Sebagai Penggerak

Digitalisasi Bukan Kunci, Kepemimpinan Harus Tetap Sebagai Penggerak

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Kabar Gembira, Pendaftaran Beasiswa Pelindo Prestasi Diperpanjang Sampai Tanggal 27 April 2025, Daftar Sekarang!

Kabar Gembira, Pendaftaran Beasiswa Pelindo Prestasi Diperpanjang Sampai Tanggal 27 April 2025, Daftar Sekarang!

16/04/2025

Menyelami Samudera Kehidupan Dr. Chandra Motik

07/06/2023
Kisah Heroik  Nakhoda Kapal Andhika Lines Menyelamatkan Perahu Berisi 40 Orang Pengungsi Vietnam yang Nyaris Tenggelam di Laut Kepulauan Filipina

Kisah Heroik Nakhoda Kapal Andhika Lines Menyelamatkan Perahu Berisi 40 Orang Pengungsi Vietnam yang Nyaris Tenggelam di Laut Kepulauan Filipina

17/04/2025
Cerita Pelabuhan Tersibuk China Berjibaku Melawan Kemacetan

Cerita Pelabuhan Tersibuk China Berjibaku Melawan Kemacetan

19/04/2025
Kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara 4  Berlayar Perdana dari Patimban

Kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara 4 Berlayar Perdana dari Patimban

0
Gelar Pelatihan Digital Marketing UMKM, SPMT Gandeng Rumah Zakat

Gelar Pelatihan Digital Marketing UMKM, SPMT Gandeng Rumah Zakat

0
Layani Pemudik LebaranJTCC Seksi 4 Beroperasi Fungsional 1 April

Layani Pemudik LebaranJTCC Seksi 4 Beroperasi Fungsional 1 April

0
IPC TPK Raih Penghargaan Penggerak Transformasi Digital Pelabuhan

IPC TPK Raih Penghargaan Penggerak Transformasi Digital Pelabuhan

0
Rencana Driver Transportasi Daring Matikan Aplikasi,  Saatnya Pemerintah Meninjau Ulang Kebijakan

Rencana Driver Transportasi Daring Matikan Aplikasi,  Saatnya Pemerintah Meninjau Ulang Kebijakan

20/05/2025
RIP Belum Juga Ditetapkan, Apindo Dorong Revitalisasi Pelabuhan Panjang menjadi Simpul Logistik Nasional

RIP Belum Juga Ditetapkan, Apindo Dorong Revitalisasi Pelabuhan Panjang menjadi Simpul Logistik Nasional

20/05/2025
Implementasikan Sistem Digital PTOS-R, Pelindo Multi Terminal Siapkan Pelabuhan Lembar Jadi Pelabuhan Ro-Ro Modern

Implementasikan Sistem Digital PTOS-R, Pelindo Multi Terminal Siapkan Pelabuhan Lembar Jadi Pelabuhan Ro-Ro Modern

20/05/2025
Kolaborasi dengan KSOP, Pelindo Targetkan Pelabuhan Makassar Jadi Simpul Logistik Indonesia Timur

Kolaborasi dengan KSOP, Pelindo Targetkan Pelabuhan Makassar Jadi Simpul Logistik Indonesia Timur

20/05/2025

Recent News

Rencana Driver Transportasi Daring Matikan Aplikasi,  Saatnya Pemerintah Meninjau Ulang Kebijakan

Rencana Driver Transportasi Daring Matikan Aplikasi,  Saatnya Pemerintah Meninjau Ulang Kebijakan

20/05/2025
RIP Belum Juga Ditetapkan, Apindo Dorong Revitalisasi Pelabuhan Panjang menjadi Simpul Logistik Nasional

RIP Belum Juga Ditetapkan, Apindo Dorong Revitalisasi Pelabuhan Panjang menjadi Simpul Logistik Nasional

20/05/2025
Implementasikan Sistem Digital PTOS-R, Pelindo Multi Terminal Siapkan Pelabuhan Lembar Jadi Pelabuhan Ro-Ro Modern

Implementasikan Sistem Digital PTOS-R, Pelindo Multi Terminal Siapkan Pelabuhan Lembar Jadi Pelabuhan Ro-Ro Modern

20/05/2025
Kolaborasi dengan KSOP, Pelindo Targetkan Pelabuhan Makassar Jadi Simpul Logistik Indonesia Timur

Kolaborasi dengan KSOP, Pelindo Targetkan Pelabuhan Makassar Jadi Simpul Logistik Indonesia Timur

20/05/2025
Mediatrans

Kami menyajikan berita terkini, akurat dan berimbang seputar transportasi, logistik dan maritim.

Follow Us

Browse by Category

  • Aviasi
  • Headline
  • Korporasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Review
  • Transportasi
  • Uncategorized

Recent News

Rencana Driver Transportasi Daring Matikan Aplikasi,  Saatnya Pemerintah Meninjau Ulang Kebijakan

Rencana Driver Transportasi Daring Matikan Aplikasi,  Saatnya Pemerintah Meninjau Ulang Kebijakan

20/05/2025
RIP Belum Juga Ditetapkan, Apindo Dorong Revitalisasi Pelabuhan Panjang menjadi Simpul Logistik Nasional

RIP Belum Juga Ditetapkan, Apindo Dorong Revitalisasi Pelabuhan Panjang menjadi Simpul Logistik Nasional

20/05/2025
  • Redaksi
  • Advertise
  • Privacy Policy
  • Aviasi

© 2022 MediaTrans.ID - Transportasi | Logistik | Maritim

No Result
View All Result
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review

© 2022 MediaTrans.ID - Transportasi | Logistik | Maritim

error: Content is protected !!