Jakarta, Mediatrans.Id – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menegaskan komitmennya sebagai penyedia layanan transportasi publik yang tidak hanya andal dan nyaman, tetapi juga taat hukum. Komitmen tersebut membuahkan penghargaan Notable Enterprise in Regulatory Compliance (Gold) sektor transportasi penumpang dalam ajang Indonesia Regulatory Compliance Awards (IRCA) 2025.
“Kepatuhan terhadap regulasi bukan sekadar administratif, tapi bagian dari integritas perusahaan,” tegas Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu (11/5).
ASDP mengelola lebih dari 200 kapal di ratusan lintasan penyeberangan nasional, dan menyadari pentingnya tata kelola unggul serta prinsip Governance, Risk, and Compliance (GRC) untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan pengguna jasa.
“Ini adalah bentuk nyata bahwa ASDP menempatkan kepatuhan hukum sebagai fondasi utama keberlanjutan usaha. Kami terus memperkuat sistem pengawasan internal dan pelatihan SDM secara menyeluruh,” ujar Shelvy.
Penghargaan IRCA 2025 yang diserahkan Jumat (9/5) oleh Hukumonline ini diberikan kepada perusahaan yang dinilai mampu menjawab tantangan regulasi dengan strategi adaptif dan budaya kerja yang konsisten.
Menurut Shelvy, pencapaian ini juga sejalan dengan visi jangka panjang ASDP untuk menjadi garda terdepan dalam membangun transportasi publik nasional yang akuntabel dan berdaya saing.
“Kami ingin menjadi role model kepatuhan hukum di sektor transportasi. Bukan hanya melayani, tapi memberi inspirasi bagi BUMN lain,” katanya.
ASDP bertekad terus meningkatkan kualitas armada, tata kelola, dan kepatuhan hukum sebagai satu kesatuan menuju transformasi layanan transportasi publik yang prima.* (MT-01/A)