Ternate, Mediatrans.id – Keluhan salah satu penumpang kapal di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate yang dimuat media online lokal langsung direspons cepat oleh Pelindo Regional 4 Ternate.
General Manager Pelindo Regional 4 Ternate, Anwar Pae, menyatakan pihaknya berterima kasih atas masukan tersebut dan menjadikannya bahan evaluasi untuk peningkatan kualitas pelayanan.
“Kami perlu berterima kasih atas keluhan dan masukan dari penumpang. Bagi kami, ini menjadi dasar untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan di area Pelabuhan Ternate,” tegas Anwar, Selasa (13/5/2025).
Terkait aduan tersebut, Pelindo telah berkoordinasi dengan mitra kerja, termasuk Koperasi Buruh dan Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM), guna menindaklanjuti temuan di lapangan. Pelindo juga mengagendakan pertemuan bersama KSOP dan pihak keamanan pelabuhan demi memastikan pembenahan berjalan menyeluruh.
“Pengawasan terhadap aktivitas di terminal penumpang akan kami perketat. Evaluasi rutin terhadap kinerja buruh akan kami lakukan guna mencegah kejadian serupa di kemudian hari,” ujar Anwar.
Tak hanya itu, Pelindo Ternate mendorong pelatihan rutin dan pembinaan etika kerja bagi para buruh. Tujuannya, agar tenaga kerja di pelabuhan memiliki sikap profesional dalam melayani pengguna jasa, khususnya penumpang kapal.
Sebagai bentuk keterbukaan, Pelindo juga membuka saluran pengaduan resmi baik melalui posko pelayanan di pelabuhan maupun kanal digital perusahaan. Masyarakat dipersilakan menyampaikan saran, kritik, maupun keluhan secara langsung.
“Kami berharap kerja sama dari seluruh pihak untuk menciptakan lingkungan pelabuhan yang aman, nyaman, dan bersih. Pelindo akan terus berbenah menghadirkan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” tutup Anwar.*(MT-02/RJ)