• Redaksi & Manajemen
  • Advertise
  • Privacy Policy
  • Aviasi
Mediatrans
Advertisement
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review
No Result
View All Result
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review
No Result
View All Result
Mediatrans
No Result
View All Result
Home Headline

Rencana Driver Transportasi Daring Matikan Aplikasi,  Saatnya Pemerintah Meninjau Ulang Kebijakan

Mulke by Mulke
20/05/2025
in Headline, Transportasi
Rencana Driver Transportasi Daring Matikan Aplikasi,  Saatnya Pemerintah Meninjau Ulang Kebijakan
Share on FacebookShare on Twitter

Jakarta, Mediatrans.id – Selama hampir satu dekade, transportasi daring atau ojek online dipromosikan sebagai solusi penyediaan lapangan kerja baru oleh pemerintah. Namun, data resmi justru menunjukkan fakta yang sebaliknya. Berdasarkan survei Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan tahun 2019, hanya 18 persen pengemudi ojek online yang sebelumnya menganggur, dan pada 2022 pun angkanya tetap stagnan di 16,09 persen.

Artinya, mayoritas pengemudi ojek daring dulunya sudah bekerja di sektor lain. Maka klaim bahwa transportasi daring menciptakan lapangan kerja baru perlu dikaji ulang.

Lebih parah lagi, data dari Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub menunjukkan mayoritas mitra pengemudi bekerja lebih dari 8 jam per hari dengan pendapatan di bawah Rp3,5 juta per bulan. Mereka harus menanggung biaya operasional sendiri, menerima sedikit atau bahkan tidak pernah mendapatkan bonus, serta tidak memiliki jaminan kesehatan, libur, maupun kepastian pendapatan. Status sebagai “mitra” hanya ilusi yang membebaskan aplikator dari tanggung jawab sebagai pemberi kerja.

Dampak dari penyesuaian tarif yang diberlakukan lewat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 667 Tahun 2022, nyatanya tak sebanding dengan harapan peningkatan kesejahteraan.

Faktanya, pesanan justru menurun setelah tarif naik, membuat penghasilan mitra kian tergerus. Di sisi lain, pengguna pun mulai mengurangi penggunaan ojek online karena tarif baru dianggap mahal, terlebih berbarengan dengan naiknya harga BBM.

Bisnis transportasi daring gagal menyejahterakan para mitranya.

Janji manis pada awal kemunculannya, yang menyebut penghasilan bisa mencapai Rp8 juta per bulan, kini hanya tinggal kenangan. Kegagalan ini dipicu oleh minimnya regulasi, potongan tinggi oleh aplikator, dan ketidakseimbangan antara jumlah pengemudi dan permintaan.

Pengamat Transportasi, Djoko Setijowarno, menyarankan pemerintah tidak terus mengandalkan pihak swasta dalam mengatur transportasi daring.

“Jika ingin melindungi masyarakat dan memastikan kesejahteraan pengemudi, perlu pendekatan regulasi yang lebih adil dan tegas. Sepeda motor yang digunakan sebagai alat transportasi umum seharusnya tunduk pada regulasi angkutan umum—mulai dari uji kir, plat kuning, hingga SIM C umum,” paparnya.

Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata tersebut mencontohkan Kabupaten Asmat di Papua sudah menerapkan ojek sebagai angkutan umum sejak 2011, lengkap dengan Perda dan Perbup yang mengaturnya. Kota itu bahkan menggunakan kendaraan listrik dan plat kuning.

Pemerintah pusat bisa meniru langkah seperti di Korea Selatan, yang membuat aplikasi resmi untuk taksi demi melindungi sopir dari tekanan aplikator swasta. Jika perlu, aplikasi transportasi daring bisa dibuat oleh pemerintah dan diserahkan kepada daerah untuk dioperasikan.

Saatnya berhenti menyebut ojek daring sebagai pencipta lapangan kerja baru. Yang dibutuhkan saat ini adalah perlindungan hukum dan skema kerja yang manusiawi, bukan glorifikasi ekonomi digital yang nyatanya tidak berpihak pada rakyat kecil.* (MT-01/R,)

Tags: Demo ojek onlineKebijakan ojek onlineTransportasi daring mematikan aplikasi
Previous Post

RIP Belum Juga Ditetapkan, Apindo Dorong Revitalisasi Pelabuhan Panjang menjadi Simpul Logistik Nasional

Next Post

GINSI Apresiasi Kinerja Bea Cukai Tanjung Priok yang Makin Responsif dan Akomodatif

Mulke

Mulke

Next Post
GINSI Apresiasi Kinerja Bea Cukai Tanjung Priok yang Makin Responsif dan Akomodatif

GINSI Apresiasi Kinerja Bea Cukai Tanjung Priok yang Makin Responsif dan Akomodatif

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Kabar Gembira, Pendaftaran Beasiswa Pelindo Prestasi Diperpanjang Sampai Tanggal 27 April 2025, Daftar Sekarang!

Kabar Gembira, Pendaftaran Beasiswa Pelindo Prestasi Diperpanjang Sampai Tanggal 27 April 2025, Daftar Sekarang!

16/04/2025

Menyelami Samudera Kehidupan Dr. Chandra Motik

07/06/2023
Mengenal Peran Keagenan Kapal (Shipping Agency) dalam Ekosistem Transportasi Laut

Mengenal Peran Keagenan Kapal (Shipping Agency) dalam Ekosistem Transportasi Laut

29/05/2025
Cerita Pelabuhan Tersibuk China Berjibaku Melawan Kemacetan

Cerita Pelabuhan Tersibuk China Berjibaku Melawan Kemacetan

19/04/2025
Kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara 4  Berlayar Perdana dari Patimban

Kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara 4 Berlayar Perdana dari Patimban

0
Gelar Pelatihan Digital Marketing UMKM, SPMT Gandeng Rumah Zakat

Gelar Pelatihan Digital Marketing UMKM, SPMT Gandeng Rumah Zakat

0
Layani Pemudik LebaranJTCC Seksi 4 Beroperasi Fungsional 1 April

Layani Pemudik LebaranJTCC Seksi 4 Beroperasi Fungsional 1 April

0
IPC TPK Raih Penghargaan Penggerak Transformasi Digital Pelabuhan

IPC TPK Raih Penghargaan Penggerak Transformasi Digital Pelabuhan

0
Terminal Kijing Siap Layani Peti Kemas Mulai Juni 2025, Pelindo Dorong Efisiensi Logistik Kalimantan Barat

Terminal Kijing Siap Layani Peti Kemas Mulai Juni 2025, Pelindo Dorong Efisiensi Logistik Kalimantan Barat

14/06/2025
Kelola Terminal Peti Kemas Belawan, BNCT  Fokus Transformasi Logistik Ekspor-Impor Sumatera Utara

Kelola Terminal Peti Kemas Belawan, BNCT Fokus Transformasi Logistik Ekspor-Impor Sumatera Utara

11/06/2025
Aksi Sosial PT Pelindo Multi Terminal, Salurkan 90 Hewan Qurban Iduladha 2025 di Sekitar Pelabuhan Seluruh Indonesia

Aksi Sosial PT Pelindo Multi Terminal, Salurkan 90 Hewan Qurban Iduladha 2025 di Sekitar Pelabuhan Seluruh Indonesia

11/06/2025
Lima Dekade PT Dumas Tanjung Perak Shipyards: Dari Dua Mahasiswa Menjadi Pilar Galangan Kapal Indonesia

Lima Dekade PT Dumas Tanjung Perak Shipyards: Dari Dua Mahasiswa Menjadi Pilar Galangan Kapal Indonesia

11/06/2025

Recent News

Terminal Kijing Siap Layani Peti Kemas Mulai Juni 2025, Pelindo Dorong Efisiensi Logistik Kalimantan Barat

Terminal Kijing Siap Layani Peti Kemas Mulai Juni 2025, Pelindo Dorong Efisiensi Logistik Kalimantan Barat

14/06/2025
Kelola Terminal Peti Kemas Belawan, BNCT  Fokus Transformasi Logistik Ekspor-Impor Sumatera Utara

Kelola Terminal Peti Kemas Belawan, BNCT Fokus Transformasi Logistik Ekspor-Impor Sumatera Utara

11/06/2025
Aksi Sosial PT Pelindo Multi Terminal, Salurkan 90 Hewan Qurban Iduladha 2025 di Sekitar Pelabuhan Seluruh Indonesia

Aksi Sosial PT Pelindo Multi Terminal, Salurkan 90 Hewan Qurban Iduladha 2025 di Sekitar Pelabuhan Seluruh Indonesia

11/06/2025
Lima Dekade PT Dumas Tanjung Perak Shipyards: Dari Dua Mahasiswa Menjadi Pilar Galangan Kapal Indonesia

Lima Dekade PT Dumas Tanjung Perak Shipyards: Dari Dua Mahasiswa Menjadi Pilar Galangan Kapal Indonesia

11/06/2025
Mediatrans

Kami menyajikan berita terkini, akurat dan berimbang seputar transportasi, logistik dan maritim.

Follow Us

Browse by Category

  • Aviasi
  • Headline
  • Korporasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Review
  • Transportasi
  • Uncategorized

Recent News

Terminal Kijing Siap Layani Peti Kemas Mulai Juni 2025, Pelindo Dorong Efisiensi Logistik Kalimantan Barat

Terminal Kijing Siap Layani Peti Kemas Mulai Juni 2025, Pelindo Dorong Efisiensi Logistik Kalimantan Barat

14/06/2025
Kelola Terminal Peti Kemas Belawan, BNCT  Fokus Transformasi Logistik Ekspor-Impor Sumatera Utara

Kelola Terminal Peti Kemas Belawan, BNCT Fokus Transformasi Logistik Ekspor-Impor Sumatera Utara

11/06/2025
  • Redaksi & Manajemen
  • Advertise
  • Privacy Policy
  • Aviasi

© 2022 MediaTrans.ID - Transportasi | Logistik | Maritim

No Result
View All Result
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review

© 2022 MediaTrans.ID - Transportasi | Logistik | Maritim

error: Content is protected !!