• Redaksi & Manajemen
  • Advertise
  • Privacy Policy
  • Aviasi
Mediatrans
Advertisement
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review
No Result
View All Result
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review
No Result
View All Result
Mediatrans
No Result
View All Result
Home Headline

Mendedah Optimalisasi Lahan dan Dermaga Eks Terminal Petikemas Makassar untuk Terminal Curah dan Terminal Kendaraan Modern

Karnali Faisal by Karnali Faisal
09/09/2025
in Headline, Korporasi, Logistik
Mendedah Optimalisasi Lahan dan Dermaga Eks Terminal Petikemas Makassar untuk Terminal Curah dan Terminal Kendaraan Modern
Share on FacebookShare on Twitter

Makassar, Mediatrans.id – Makassar bersiap menorehkan babak baru dalam sejarah pelabuhannya. Terminal Petikemas Makassar (TPM) yang selama puluhan tahun menjadi denyut nadi logistik di jantung Sulawesi Selatan, segera bertransformasi.

Dermaga sepanjang 1.000 meter dengan lahan penumpukan 126.400 meter persegi itu akan dialihfungsikan menjadi terminal curah yang dikelola SPMT Branch Makassar serta terminal kendaraan modern yang dioperasikan IPCC Satelit Makassar.

Pengalihfungsian lahan ini seiring dengan pemindahan seluruh aktivitas bongkar muat petikemas  ke Makassar New Port (MNP) pada awal Januari 2026 mendatang.

Executive Director 4 Pelindo Regional 4, Abdul Azis, menegaskan MNP kini menjadi pusat utama layanan petikemas di kawasan timur.

Dengan kapasitas 2,5 juta TEUs per tahun, dermaga 1.000 meter, serta area penumpukan seluas 52 hektar, MNP diyakini mampu menjawab kebutuhan logistik Indonesia Timur yang terus tumbuh.

“Sejauh ini, aktivitas bongkar muat di MNP sudah mencapai 70 persen. Januari 2026, seluruh kegiatan akan terpusat di sana,” ujar Azis.

Transisi Mulus

Seiring perpindahan itu, Subholding Pelindo Multi Terminal (SPMT) Branch Makassar sudah menyiapkan rencana pemanfaatan lahan eks-TPM.

Branch Manager SPMT Makassar, Sardi, memastikan proses transisi akan berjalan paralel. Itu artinya, saat kegiatan bongkar muat 100% di MNP, lahan bekas TPM akan langsung dimanfaatkan SPMT Branch Makassar dan IPCC Satelit Makassar

“Arahan dari Ditjen Hubla melalui KSOP Utama Makassar jelas: pengosongan lahan penumpukan harus segera dilakukan. Lahan ini akan digunakan oleh IPCC Satelit Makassar dan SPMT,” kata Sardi.

Menurutnya, SPMT akan fokus menangani bongkar muat curah di terminal multipurpose, sementara IPCC Satelit Makassar akan mengelola bongkar muat kendaraan.

Dengan skema ini, eks-TPM berubah status menjadi dedicated terminal. “Kami juga tetap mendukung IPCC. Ada lahan SPMT yang bisa dimanfaatkan bersama agar kepadatan kendaraan dapat diatasi, khususnya golongan 5, 6, dan 7 yang sedang tumbuh pesat,” jelasnya.

Injeksi Investasi Rp 5 Miliar

Direktur Utama Indonesia Kendaraan Terminal (IKT), Sugeng, mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan investasi Rp 5 miliar untuk menata dan mengoptimalkan fasilitas eks-TPM. Dana itu sepenuhnya berasal dari internal perusahaan.

“Investasi digunakan untuk perbaikan fasilitas, marka jalur, pagar restricted area, penerangan dan CCTV, hingga renovasi kantor operasional,” papar Sugeng.

Dengan optimalisasi ini, kapasitas terpasang terminal kendaraan Makassar naik menjadi 157 ribu unit per tahun atau meningkat sekitar 23 persen. Potensi tambahan pendapatan pun diproyeksikan mencapai Rp 2 miliar per tahun.

“Transformasi ini sekaligus menjadikan Terminal Satelit Makassar sebagai dedicated terminal kendaraan. Selama ini sebagian lapangan penumpukan masih memanfaatkan lahan pihak lain, sehingga tambahan fasilitas akan memperkuat kinerja operasional,” tambahnya.

Pintu Gerbang Kendaraan ke Timur

Makassar memang dipilih bukan tanpa alasan. Posisinya strategis sebagai pintu gerbang utama Kawasan Timur Indonesia. Setiap bulan, terminal kendaraan di kota ini menangani 7.000–8.000 unit, mulai dari mobil completely built-up (CBU), truk, hingga alat berat. Dengan rata-rata waktu penumpukan hanya 1–3 hari, tingkat produktivitasnya dinilai tinggi.

Ke depan, wajah eks-TPM akan jauh berbeda. Dari terminal petikemas yang sibuk dengan kontainer, ia akan menjelma menjadi terminal curah dan terminal kendaraan yang lebih terfokus, modern, dan berdaya saing. Sebuah transformasi yang makin menegaskan peran Makassar sebagai simpul logistik utama di timur negeri.*** [Karnali Faisal]

Tags: 5 juta TEUs67.000–8.000 unit kendaraan per bulanArahan Ditjen Hubla KSOP Utama Makassardan 7Dedicated terminal kendaraanDermaga 1.000 meterInvestasi Rp 5 miliar IKT (Indonesia Kendaraan Terminal)IPCC Satelit MakassarLahan penumpukan 126.400 m²Makassar New Port kapasitas 2Makassar sebagai pintu gerbang Kawasan Timur IndonesiaOptimalisasi lahan eks Terminal Petikemas Makassar (TPM)Pelindo Regional 4Pemindahan bongkar muat petikemas ke Makassar New Port (MNP)Peningkatan kapasitas terminal kendaraan Makassar menjadi 157 ribu unit/tahunPertumbuhan kendaraan golongan 5Potensi pendapatan tambahan Rp 2 miliar per tahunSimpul logistik strategis Indonesia TimurSPMT Branch MakassarTerminal curah SPMT Branch MakassarTerminal kendaraan modern IPCC Satelit MakassarTransformasi terminal petikemas menjadi terminal curah dan kendaraan
Previous Post

Terminal IPCC Satelit Makassar: Menjaga Napas Logistik Kendaraan di Gerbang Timur Nusantara

Next Post

IPC TPK Hadirkan Senyum Harapan: Dukungan Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus SLB Bundo Kanduang

Karnali Faisal

Karnali Faisal

Next Post
IPC TPK Hadirkan Senyum Harapan: Dukungan Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus SLB Bundo Kanduang

IPC TPK Hadirkan Senyum Harapan: Dukungan Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus SLB Bundo Kanduang

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Kabar Gembira, Pendaftaran Beasiswa Pelindo Prestasi Diperpanjang Sampai Tanggal 27 April 2025, Daftar Sekarang!

Kabar Gembira, Pendaftaran Beasiswa Pelindo Prestasi Diperpanjang Sampai Tanggal 27 April 2025, Daftar Sekarang!

16/04/2025

Menyelami Samudera Kehidupan Dr. Chandra Motik

07/06/2023
Mengenal Peran Keagenan Kapal (Shipping Agency) dalam Ekosistem Transportasi Laut

Mengenal Peran Keagenan Kapal (Shipping Agency) dalam Ekosistem Transportasi Laut

29/05/2025
Kembali Pimpin Serikat Pekerja MTI, Nurtakim Janji Lanjutkan Perjuangan Kesejahteraan dan Kesetaraan

Kembali Pimpin Serikat Pekerja MTI, Nurtakim Janji Lanjutkan Perjuangan Kesejahteraan dan Kesetaraan

06/10/2025
Kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara 4  Berlayar Perdana dari Patimban

Kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara 4 Berlayar Perdana dari Patimban

0
Gelar Pelatihan Digital Marketing UMKM, SPMT Gandeng Rumah Zakat

Gelar Pelatihan Digital Marketing UMKM, SPMT Gandeng Rumah Zakat

0
Layani Pemudik LebaranJTCC Seksi 4 Beroperasi Fungsional 1 April

Layani Pemudik LebaranJTCC Seksi 4 Beroperasi Fungsional 1 April

0
IPC TPK Raih Penghargaan Penggerak Transformasi Digital Pelabuhan

IPC TPK Raih Penghargaan Penggerak Transformasi Digital Pelabuhan

0
Kembali Pimpin Serikat Pekerja MTI, Nurtakim Janji Lanjutkan Perjuangan Kesejahteraan dan Kesetaraan

Kembali Pimpin Serikat Pekerja MTI, Nurtakim Janji Lanjutkan Perjuangan Kesejahteraan dan Kesetaraan

06/10/2025
Bukan Cuma Ngomongin Aturan, QHSSE Forum IPC TPK Jadi Ajang Curhat Plus Cari Solusi

Bukan Cuma Ngomongin Aturan, QHSSE Forum IPC TPK Jadi Ajang Curhat Plus Cari Solusi

25/09/2025
Pelindo Terminal Petikemas Dukung Program Prioritas Jateng, Tanam 50.000 Bibit Mangrove

Pelindo Terminal Petikemas Dukung Program Prioritas Jateng, Tanam 50.000 Bibit Mangrove

24/09/2025
Diplomat Denmark ‘Kepincut’ IPC TPK, Puji Peran Pelindo di Perdagangan Global!

Diplomat Denmark ‘Kepincut’ IPC TPK, Puji Peran Pelindo di Perdagangan Global!

23/09/2025

Recent News

Kembali Pimpin Serikat Pekerja MTI, Nurtakim Janji Lanjutkan Perjuangan Kesejahteraan dan Kesetaraan

Kembali Pimpin Serikat Pekerja MTI, Nurtakim Janji Lanjutkan Perjuangan Kesejahteraan dan Kesetaraan

06/10/2025
Bukan Cuma Ngomongin Aturan, QHSSE Forum IPC TPK Jadi Ajang Curhat Plus Cari Solusi

Bukan Cuma Ngomongin Aturan, QHSSE Forum IPC TPK Jadi Ajang Curhat Plus Cari Solusi

25/09/2025
Pelindo Terminal Petikemas Dukung Program Prioritas Jateng, Tanam 50.000 Bibit Mangrove

Pelindo Terminal Petikemas Dukung Program Prioritas Jateng, Tanam 50.000 Bibit Mangrove

24/09/2025
Diplomat Denmark ‘Kepincut’ IPC TPK, Puji Peran Pelindo di Perdagangan Global!

Diplomat Denmark ‘Kepincut’ IPC TPK, Puji Peran Pelindo di Perdagangan Global!

23/09/2025
Mediatrans

Kami menyajikan berita terkini, akurat dan berimbang seputar transportasi, logistik dan maritim.

Follow Us

Browse by Category

  • Aviasi
  • Headline
  • Korporasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Review
  • Transportasi
  • Uncategorized

Recent News

Kembali Pimpin Serikat Pekerja MTI, Nurtakim Janji Lanjutkan Perjuangan Kesejahteraan dan Kesetaraan

Kembali Pimpin Serikat Pekerja MTI, Nurtakim Janji Lanjutkan Perjuangan Kesejahteraan dan Kesetaraan

06/10/2025
Bukan Cuma Ngomongin Aturan, QHSSE Forum IPC TPK Jadi Ajang Curhat Plus Cari Solusi

Bukan Cuma Ngomongin Aturan, QHSSE Forum IPC TPK Jadi Ajang Curhat Plus Cari Solusi

25/09/2025
  • Redaksi & Manajemen
  • Advertise
  • Privacy Policy
  • Aviasi

© 2022 MediaTrans.ID - Transportasi | Logistik | Maritim

No Result
View All Result
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review

© 2022 MediaTrans.ID - Transportasi | Logistik | Maritim

error: Content is protected !!