• Redaksi & Manajemen
  • Advertise
  • Privacy Policy
  • Aviasi
Mediatrans
Advertisement
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review
No Result
View All Result
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review
No Result
View All Result
Mediatrans
No Result
View All Result
Home Headline

Terminal IPCC Satelit Makassar: Menjaga Napas Logistik Kendaraan di Gerbang Timur Nusantara

Karnali Faisal by Karnali Faisal
09/09/2025
in Headline, Korporasi, Logistik
Terminal IPCC Satelit Makassar: Menjaga Napas Logistik Kendaraan di Gerbang Timur Nusantara
Share on FacebookShare on Twitter

Makassar, Mediatrans.id – Selama dua hari, Senin (8/9) dan Selasa (8/9,  Mediatrans.Id mengikuti kegiatan media visit di IPCC Satelit Makassar. Berikut ini hasil laporan dari kegiatan tersebut.

Di bawah langit biru Sulawesi Selatan, dermaga IKT  Satelit Makassar (TSM) di Pelabuhan Soekarno Hatta menjadi salah satu simpul penting logistik nasional.

Terminal ini bukan hanya sekadar lapangan parkir raksasa bagi ribuan kendaraan, melainkan juga denyut nadi distribusi kendaraan di Indonesia Timur. Setiap unit kendaraan yang singgah di sini membawa cerita tentang mobilitas, perdagangan, dan pertumbuhan ekonomi.

Realisasi trafik di Terminal Satelit Makassar dalam tiga tahun terakhir menunjukkan dinamika yang menarik. Tahun 2022 tercatat 213.921 unit kendaraan dan alat berat keluar masuk terminal ini. Angka itu melonjak menjadi 232.637 unit pada 2023, dan kembali meningkat ke 235.345 unit pada 2024.

Meski persentasenya tampak hanya tumbuh sekitar 10,01% dalam dua tahun terakhir, ada detail yang lebih penting: beberapa jenis kargo justru menunjukkan lonjakan tajam. Kategori tertentu bahkan mencatat pertumbuhan hingga 76,26%, sebuah sinyal kuat bahwa Terminal Satelit Makassar berhasil menjaga posisinya sebagai hub strategis meski pasar otomotif nasional sedang lesu.

Namun angka tak selalu menceritakan kisah kemenangan. Ada penurunan volume dari prinsipal otomotif akibat stok kendaraan yang masih tinggi di dealer. Industri tambang di timur Indonesia pun mengalami perlambatan produksi, yang otomatis menekan arus truk dan alat berat.

Meski volume menurun, namun pendapatan justeru meningkat. Hal ini disebabkan untuk penumpukan kendaraan golongan 5, 6, dan 7 justeru meningkat dan menyumbang kenaikan pendapatan IPCC Satelit Makassar.

Kapasitas dan Tantangan Over Capacity

Lapangan eksisting terminal dengan luas 21.758 m² sebenarnya dirancang menampung 64.144 unit per tahun. Fakta di lapangan menunjukkan realisasi produksi mencapai 87.550 unit pada 2024. Artinya, terminal sudah bekerja di atas kapasitas optimal—over capacity lebih dari 23 ribu unit.

Harus diakui, over capacity tersebut merupakan bukti bahwa pasar mempercayai layanan yang diberikan IPCC Satelit Makassar. Untuk mengantisipasi meningkatnya over capacity tersebut, ekspansi lahan menjadi sebuah kebutuhan yang tak bisa ditunda. 

Rencananya, IPCC akan memanfaatkan lahan bekas Terminal Petikemas Makassar seluas seluas 50.000 m². Lahan seluas itu memiliki kapasitas tampung mencapai 157.933 unit.

Ada pula tambahan lapangan blok 202 dan S seluas 4.000 m², yang sanggup menampung 11.792 unit. Ekspansi ini bukan hanya menjawab masalah teknis, tapi juga mencerminkan keyakinan bahwa arus logistik di kawasan timur akan terus tumbuh.

Momentum Panen Raya

Kabar baik datang dari program pemerintah yang menargetkan panen raya di kawasan timur Indonesia pada September–Desember 2025. Bagi Terminal Satelit Makassar, ini adalah momentum emas. Lonjakan kargo diprediksi tak hanya datang dari distribusi hasil pertanian, tetapi juga dari meningkatnya permintaan kendaraan logistik untuk mengangkut komoditas tersebut.

Dari hal tersebut, IPCC  memproyeksikan lonjakan arus kargo di akhir 2025. Bisa disebut,  panen raya ini menjadi momentum kebangkitan baru setelah periode penurunan di otomotif dan tambang untuk jenis kendaraan tertentu.

Lebih dari Sekadar Terminal

Pada akhirnya, IPCC Satelit Makassar adalah simbol ketahanan logistik. Ia mengajarkan bahwa di balik angka-angka kargo, terdapat kisah tentang strategi menghadapi pasar yang fluktuatif. Ketika otomotif melambat, terminal ini melirik peluang dari sektor  lain.

Makassar, dengan letaknya yang strategis, memang tak pernah sekadar jadi pelabuhan transit. Ia adalah titik temu masa depan logistik Indonesia. Dari sini, kendaraan, alat berat, hingga hasil bumi meluncur ke berbagai wilayah, menyalurkan energi ekonomi ke pelosok negeri.

Menatap ke Depan

Optimisme mengiringi langkah IPCC Satelit Makassar memasuki 2025. Tantangan over capacity dan fluktuasi pasar memang nyata, tetapi ekspansi fasilitas dan momentum panen raya menjadi alasan untuk yakin. Seperti denyut ombak yang tak pernah berhenti di Pelabuhan Soekarno Hatta, semangat untuk menjaga aliran logistik di terminal ini pun tak pernah padam.

Di gerbang timur Nusantara, IPCC Satelit Makassar akan terus menulis kisah tentang daya tahan, adaptasi, dan keberanian menatap masa depan. Karena di dunia logistik, yang bertahan bukanlah yang paling kuat, melainkan yang paling siap menghadapi perubahan.*** [Karnali Faisal]

Tags: 26%67Distribusi kendaraan dan alat beratEkosistem perdagangan dan mobilitas Indonesia TimurEkspansi lahan terminalHub strategis logistik Indonesia TimurIPCC Satelit Makassar (TSM)Kapasitas tampung 157.933 unitKetahanan dan adaptasi logisticLahan bekas Terminal Petikemas Makassar (50.000 m²)Lapangan blok 202 dan S (4.000 m²)Lonjakan arus kargo akhir 2025Makassar sebagai simpul distribusi nasionalMomentum panen raya 2025Optimisme pertumbuhan logistik kawasan timurOver capacity terminalPelabuhan Soekarno Hatta MakassarPeningkatan pendapatan melalui penumpukan kendaraan golongan 5Penurunan volume otomotif dan tambangPertumbuhan kargo 76Strategi IPCC menghadapi fluktuasi pasarTrafik kendaraan 2022–2024
Previous Post

Optimisme IPCC Satelit Makassar di Tengah Derasnya Trafik Kendaraan Indonesia Timur

Next Post

Mendedah Optimalisasi Lahan dan Dermaga Eks Terminal Petikemas Makassar untuk Terminal Curah dan Terminal Kendaraan Modern

Karnali Faisal

Karnali Faisal

Next Post
Mendedah Optimalisasi Lahan dan Dermaga Eks Terminal Petikemas Makassar untuk Terminal Curah dan Terminal Kendaraan Modern

Mendedah Optimalisasi Lahan dan Dermaga Eks Terminal Petikemas Makassar untuk Terminal Curah dan Terminal Kendaraan Modern

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Kabar Gembira, Pendaftaran Beasiswa Pelindo Prestasi Diperpanjang Sampai Tanggal 27 April 2025, Daftar Sekarang!

Kabar Gembira, Pendaftaran Beasiswa Pelindo Prestasi Diperpanjang Sampai Tanggal 27 April 2025, Daftar Sekarang!

16/04/2025

Menyelami Samudera Kehidupan Dr. Chandra Motik

07/06/2023
Mengenal Peran Keagenan Kapal (Shipping Agency) dalam Ekosistem Transportasi Laut

Mengenal Peran Keagenan Kapal (Shipping Agency) dalam Ekosistem Transportasi Laut

29/05/2025
Kembali Pimpin Serikat Pekerja MTI, Nurtakim Janji Lanjutkan Perjuangan Kesejahteraan dan Kesetaraan

Kembali Pimpin Serikat Pekerja MTI, Nurtakim Janji Lanjutkan Perjuangan Kesejahteraan dan Kesetaraan

06/10/2025
Kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara 4  Berlayar Perdana dari Patimban

Kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara 4 Berlayar Perdana dari Patimban

0
Gelar Pelatihan Digital Marketing UMKM, SPMT Gandeng Rumah Zakat

Gelar Pelatihan Digital Marketing UMKM, SPMT Gandeng Rumah Zakat

0
Layani Pemudik LebaranJTCC Seksi 4 Beroperasi Fungsional 1 April

Layani Pemudik LebaranJTCC Seksi 4 Beroperasi Fungsional 1 April

0
IPC TPK Raih Penghargaan Penggerak Transformasi Digital Pelabuhan

IPC TPK Raih Penghargaan Penggerak Transformasi Digital Pelabuhan

0
Kembali Pimpin Serikat Pekerja MTI, Nurtakim Janji Lanjutkan Perjuangan Kesejahteraan dan Kesetaraan

Kembali Pimpin Serikat Pekerja MTI, Nurtakim Janji Lanjutkan Perjuangan Kesejahteraan dan Kesetaraan

06/10/2025
Bukan Cuma Ngomongin Aturan, QHSSE Forum IPC TPK Jadi Ajang Curhat Plus Cari Solusi

Bukan Cuma Ngomongin Aturan, QHSSE Forum IPC TPK Jadi Ajang Curhat Plus Cari Solusi

25/09/2025
Pelindo Terminal Petikemas Dukung Program Prioritas Jateng, Tanam 50.000 Bibit Mangrove

Pelindo Terminal Petikemas Dukung Program Prioritas Jateng, Tanam 50.000 Bibit Mangrove

24/09/2025
Diplomat Denmark ‘Kepincut’ IPC TPK, Puji Peran Pelindo di Perdagangan Global!

Diplomat Denmark ‘Kepincut’ IPC TPK, Puji Peran Pelindo di Perdagangan Global!

23/09/2025

Recent News

Kembali Pimpin Serikat Pekerja MTI, Nurtakim Janji Lanjutkan Perjuangan Kesejahteraan dan Kesetaraan

Kembali Pimpin Serikat Pekerja MTI, Nurtakim Janji Lanjutkan Perjuangan Kesejahteraan dan Kesetaraan

06/10/2025
Bukan Cuma Ngomongin Aturan, QHSSE Forum IPC TPK Jadi Ajang Curhat Plus Cari Solusi

Bukan Cuma Ngomongin Aturan, QHSSE Forum IPC TPK Jadi Ajang Curhat Plus Cari Solusi

25/09/2025
Pelindo Terminal Petikemas Dukung Program Prioritas Jateng, Tanam 50.000 Bibit Mangrove

Pelindo Terminal Petikemas Dukung Program Prioritas Jateng, Tanam 50.000 Bibit Mangrove

24/09/2025
Diplomat Denmark ‘Kepincut’ IPC TPK, Puji Peran Pelindo di Perdagangan Global!

Diplomat Denmark ‘Kepincut’ IPC TPK, Puji Peran Pelindo di Perdagangan Global!

23/09/2025
Mediatrans

Kami menyajikan berita terkini, akurat dan berimbang seputar transportasi, logistik dan maritim.

Follow Us

Browse by Category

  • Aviasi
  • Headline
  • Korporasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Review
  • Transportasi
  • Uncategorized

Recent News

Kembali Pimpin Serikat Pekerja MTI, Nurtakim Janji Lanjutkan Perjuangan Kesejahteraan dan Kesetaraan

Kembali Pimpin Serikat Pekerja MTI, Nurtakim Janji Lanjutkan Perjuangan Kesejahteraan dan Kesetaraan

06/10/2025
Bukan Cuma Ngomongin Aturan, QHSSE Forum IPC TPK Jadi Ajang Curhat Plus Cari Solusi

Bukan Cuma Ngomongin Aturan, QHSSE Forum IPC TPK Jadi Ajang Curhat Plus Cari Solusi

25/09/2025
  • Redaksi & Manajemen
  • Advertise
  • Privacy Policy
  • Aviasi

© 2022 MediaTrans.ID - Transportasi | Logistik | Maritim

No Result
View All Result
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review

© 2022 MediaTrans.ID - Transportasi | Logistik | Maritim

error: Content is protected !!