• Redaksi
  • Advertise
  • Privacy Policy
  • Aviasi
Mediatrans
Advertisement
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review
No Result
View All Result
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review
No Result
View All Result
Mediatrans
No Result
View All Result
Home Korporasi

Meracik Kopi, Meracik Harapan: SPJM Dukung UMKM Lewat Pelatihan Barista di Gowa

Karnali Faisal by Karnali Faisal
21/04/2025
in Korporasi
Meracik Kopi, Meracik Harapan: SPJM Dukung UMKM Lewat Pelatihan Barista di Gowa
Share on FacebookShare on Twitter

Makassar, Mediatrans.Id – Aroma biji kopi yang baru digiling memenuhi udara pagi di kedai Hai Coffee, Gowa, Sulawesi Selatan. Tapi hari itu, suasana berbeda. Bukan hanya pelanggan yang memenuhi ruang duduk, melainkan juga semangat belajar para pelaku UMKM yang haus akan pengetahuan baru. Pada 19 April 2025, PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM), subholding dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero), menggelar pelatihan barista sebagai bagian dari program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).

Kegiatan ini bukan sekadar pelatihan teknis membuat kopi. Lebih dari itu, SPJM ingin membangun pondasi kuat bagi UMKM kuliner, khususnya pengelola kedai kopi, agar mampu bersaing secara sehat dan berkelanjutan di tengah industri yang makin dinamis. Dari manajemen SDM, pencatatan keuangan, hingga strategi pemasaran, seluruh aspek pengelolaan usaha mulai disentuh.

“Untuk tahap awal ini kami membekali barista dengan pengetahuan dasar, mulai dari sejarah kopi di Indonesia, jenis dan karakter kopi, alat pembuatan kopi, hingga teknik penyeduhan,” ujar Tubagus Patrick, SVP Sekretaris Perusahaan SPJM. Dalam pelatihan ini, SPJM menggandeng tim espressoman.id yang telah berpengalaman di dunia pelatihan kopi dan barista.

Muhammad Yusuf, salah satu peserta pelatihan, mengaku antusias. “Dulu saya hanya tahu menyeduh kopi, sekarang saya tahu kenapa suhu air, jenis gilingan, dan teknik penyajian bisa mempengaruhi rasa. Ini membuat saya lebih percaya diri dan ingin menyajikan kopi yang punya cerita di balik rasanya,” ujarnya.

Tak hanya pelatihan, SPJM juga memberikan bantuan berupa alat penunjang usaha. Hal ini merupakan bagian dari pendekatan TJSL yang berorientasi pada keberlanjutan. Program TJSL SPJM tak lagi sekadar pemberian bantuan sesaat, melainkan bentuk penciptaan Corporate Social Value — nilai sosial yang sejalan dengan arah bisnis perusahaan.

“UMKM adalah salah satu pilar utama ekonomi nasional. Memberikan dukungan kepada mereka bukan hanya soal tanggung jawab sosial, tapi tentang bagaimana kita bersama menciptakan dampak jangka panjang,” tegas Tubagus.

Kopi di cangkir memang bisa habis, tapi semangat untuk terus belajar dan berkembang seperti yang ditunjukkan SPJM dan para pelaku UMKM di Gowa tampaknya akan terus mengalir. Di balik setiap tegukan kopi, kini terselip harapan baru: menjadikan UMKM bukan hanya pelengkap, tapi pemain utama dalam geliat ekonomi negeri. (Karnali Faisal)

Tags: TJSL SPJM
Previous Post

Mewujudkan Cita-Cita Pelabuhan Tanpa Kecelakaan: SPSL Inisiasi Program PELOPOR di Banjarmasin

Next Post

Kolaborasi Lintas Instansi Kunci Pemulihan Pelabuhan Tanjung Priok dari Situasi Crowded

Karnali Faisal

Karnali Faisal

Next Post
Kolaborasi Lintas Instansi Kunci Pemulihan Pelabuhan Tanjung Priok dari Situasi Crowded

Kolaborasi Lintas Instansi Kunci Pemulihan Pelabuhan Tanjung Priok dari Situasi Crowded

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Kabar Gembira, Pendaftaran Beasiswa Pelindo Prestasi Diperpanjang Sampai Tanggal 27 April 2025, Daftar Sekarang!

Kabar Gembira, Pendaftaran Beasiswa Pelindo Prestasi Diperpanjang Sampai Tanggal 27 April 2025, Daftar Sekarang!

16/04/2025

Menyelami Samudera Kehidupan Dr. Chandra Motik

07/06/2023
Kisah Heroik  Nakhoda Kapal Andhika Lines Menyelamatkan Perahu Berisi 40 Orang Pengungsi Vietnam yang Nyaris Tenggelam di Laut Kepulauan Filipina

Kisah Heroik Nakhoda Kapal Andhika Lines Menyelamatkan Perahu Berisi 40 Orang Pengungsi Vietnam yang Nyaris Tenggelam di Laut Kepulauan Filipina

17/04/2025
Cerita Pelabuhan Tersibuk China Berjibaku Melawan Kemacetan

Cerita Pelabuhan Tersibuk China Berjibaku Melawan Kemacetan

19/04/2025
Kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara 4  Berlayar Perdana dari Patimban

Kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara 4 Berlayar Perdana dari Patimban

0
Gelar Pelatihan Digital Marketing UMKM, SPMT Gandeng Rumah Zakat

Gelar Pelatihan Digital Marketing UMKM, SPMT Gandeng Rumah Zakat

0
Layani Pemudik LebaranJTCC Seksi 4 Beroperasi Fungsional 1 April

Layani Pemudik LebaranJTCC Seksi 4 Beroperasi Fungsional 1 April

0
IPC TPK Raih Penghargaan Penggerak Transformasi Digital Pelabuhan

IPC TPK Raih Penghargaan Penggerak Transformasi Digital Pelabuhan

0
Kapten Kartini: Srikandi Laut Kebanggaan Pelni  yang Menaklukkan Ombak dan Stigma

Kapten Kartini: Srikandi Laut Kebanggaan Pelni yang Menaklukkan Ombak dan Stigma

22/05/2025
Arus Petikemas Tumbuh 10 Persen, Prima Multi Terminal Buktikan Keberhasilan Transformasi Sistem Operasional

Arus Petikemas Tumbuh 10 Persen, Prima Multi Terminal Buktikan Keberhasilan Transformasi Sistem Operasional

22/05/2025
ALFI DKI Ingatkan Pemerintah: Kebijakan  Zero ODOL Harus Bersifat Holistik dan Memiliki Payung Hukum yang Jelas

ALFI DKI Ingatkan Pemerintah: Kebijakan Zero ODOL Harus Bersifat Holistik dan Memiliki Payung Hukum yang Jelas

22/05/2025
Pelindo Luncurkan Layanan Customer Care 102, Siap Layani Informasi Kepelabuhanan yang Cepat dan Terpadu

Pelindo Luncurkan Layanan Customer Care 102, Siap Layani Informasi Kepelabuhanan yang Cepat dan Terpadu

22/05/2025

Recent News

Kapten Kartini: Srikandi Laut Kebanggaan Pelni  yang Menaklukkan Ombak dan Stigma

Kapten Kartini: Srikandi Laut Kebanggaan Pelni yang Menaklukkan Ombak dan Stigma

22/05/2025
Arus Petikemas Tumbuh 10 Persen, Prima Multi Terminal Buktikan Keberhasilan Transformasi Sistem Operasional

Arus Petikemas Tumbuh 10 Persen, Prima Multi Terminal Buktikan Keberhasilan Transformasi Sistem Operasional

22/05/2025
ALFI DKI Ingatkan Pemerintah: Kebijakan  Zero ODOL Harus Bersifat Holistik dan Memiliki Payung Hukum yang Jelas

ALFI DKI Ingatkan Pemerintah: Kebijakan Zero ODOL Harus Bersifat Holistik dan Memiliki Payung Hukum yang Jelas

22/05/2025
Pelindo Luncurkan Layanan Customer Care 102, Siap Layani Informasi Kepelabuhanan yang Cepat dan Terpadu

Pelindo Luncurkan Layanan Customer Care 102, Siap Layani Informasi Kepelabuhanan yang Cepat dan Terpadu

22/05/2025
Mediatrans

Kami menyajikan berita terkini, akurat dan berimbang seputar transportasi, logistik dan maritim.

Follow Us

Browse by Category

  • Aviasi
  • Headline
  • Korporasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Review
  • Transportasi
  • Uncategorized

Recent News

Kapten Kartini: Srikandi Laut Kebanggaan Pelni  yang Menaklukkan Ombak dan Stigma

Kapten Kartini: Srikandi Laut Kebanggaan Pelni yang Menaklukkan Ombak dan Stigma

22/05/2025
Arus Petikemas Tumbuh 10 Persen, Prima Multi Terminal Buktikan Keberhasilan Transformasi Sistem Operasional

Arus Petikemas Tumbuh 10 Persen, Prima Multi Terminal Buktikan Keberhasilan Transformasi Sistem Operasional

22/05/2025
  • Redaksi
  • Advertise
  • Privacy Policy
  • Aviasi

© 2022 MediaTrans.ID - Transportasi | Logistik | Maritim

No Result
View All Result
  • Home
  • Headline
  • Transportasi
  • Logistik
  • Maritim
  • Korporasi
  • Aviasi
  • Review

© 2022 MediaTrans.ID - Transportasi | Logistik | Maritim

error: Content is protected !!